Contoh penipuan mengatasnamakan BRI/Kemenkominfo
Contoh penipuan mengatasnamakan BRI/Kemenkominfo
KOMENTAR

KALI ini giliran salah satu operator seluler yang namanya dicatut dalam penipuan digital.

Media sosial seperti FaceBook juga ruang obrolan/pesan instan seperti WhatsApp sudah disusupi pemberitahuan hadiah undian dari Telkomsel. Pesan itu mewajibkan penerima hadiah undian untuk mengunduh file berformat HTML.

Jika sebelumnya masyarakat banyak yang menjadi korban penipuan dari file berformat APK, para penipu mencoba langkah baru dengan mengirim file HTML.

Pesan dikirim dari nomor pribadi akun bisnis mengatasnamakan Telkomsel. Untuk pengambilan hadiah berupa uang tunai dalam jumlah fantastis, penerima pesan diminta mengakses link yang tertera.

Berikut ini CIRI-CIRI PENIPUAN yang harus diperhatikan agar kita terhindar dari penipuan digital yang semakin marak.

-Pesan datang dari nomor pribadi. Perusahaan besar pastinya punya nomor call center khusus yang bukan berasal dari nomor pribadi. Misalnya, nomor call center Telkomsel adalah 188.

-Pesan datang dari nomor luar negeri atau nomor cantik. Lagi-lagi, kita harus curiga pada nomor pengirim.

-Pengirim pesan menampilkan logo perusahaan untuk foto profilnya. Dalam logo tersebut bisa terdapat tanda checklist yang seolah meyakinkan kita bahwa itu adalah logo perusahaan terverifikasi.

-Pengumuman undian biasanya juga ditambah dengan iming-iming program gratis tambahan. Dan nominal hadiah undian biasanya fantastis hingga membuat kita tergiur.

-Jika tidak diindahkan, tidak jarang pelaku memberikan ancaman pemblokiran nomor.

Tetap waspada, jangan mudah tergiur tawaran yang bombastis.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News