Menteri Kesetaraan Spanyol Irene Montero/Reuters
Menteri Kesetaraan Spanyol Irene Montero/Reuters
KOMENTAR

MENTERI Kesetaraan Spanyol Irene Montero tegas menyatakan masyarakat harus menghentikan sikap bungkam dan tidak boleh lagi menormalisasi seksisme. Ia pun mendukung perempuan yang berani bersuara ketika mengalami perilaku seksis.

Pernyataan tegas itu keluar sebagai reaksi atas insiden Ketua Asosiasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales yang mendaratkan ciuman bibir kepada pemenang Piala Dunia sepak bola perempuan Jenni Hermoso. Insiden itu menurutnya tidak dilakukan secara konsensual (tidak mendapat persetujuan darinya). Insiden itu diharapkan dapat menjadi titik perubahan melawan seksisme di Spanyol.

Akibat insiden itu, Rubiales telah diskors FIFA dan ia pun mendapat banyak tuntutan untuk mundur.

“Spanyol adalah masyarakat feminis di mana seksisme masih ada, namun kami bertekad mengakhiri hal ini,” ungkap Menteri Irene seperti dikutip dari Japan Times.

Ia mengatakan olahraga di Spanyol secara struktural bersifat seksis dan dia menyatakan kekecewaannya karena sebagian besar pemain sepak bola pria Spanyol tetap diam mengenai insiden tersebut sementara seluruh tim sepak bola perempuan mengatakan mereka tidak akan bermain sementara Rubiales menolak untuk mengundurkan diri.

“Saya pikir sudah menjadi bukti bahwa feminisme juga merupakan tanggung jawab laki-laki,” katanya, sambil mengakui bahwa dukungan terhadap Jenni menunjukkan bahwa mayoritas laki-laki Spanyol mengutuk perilaku seksis.

Seksisme merupakan prasangka dan diskriminasi yang didasarkan pada gender. Seksisme sering muncul karena peran dan stereotip gender, berupa penilaian negatif terhadap seseorang karena seseorang tersebut adalah perempuan.

Menteri Irene berpendapat sudah waktunya masyarakat Spanyol berhenti untuk bungkam. Dan saat ini, sedikit demi sedikit suara mulai terdengar untuk mengakhiri seksisme. Sementara Rubiales menuduh para pengkritiknya sebagai "feminis palsu".

Jaksa telah membuka penyelidikan awal mengenai apakah Rubiales mungkin melakukan tindakan agresi seksual ketika dia meraih Jenni Hermoso dan mencium bibirnya. Namun kasus tersebut akan ditutup jika Jenni tidak mengajukan pengaduan resmi.

Jenni, rekan satu timnya, dan beberapa pejabat pemerintah mengatakan ciuman itu tidak diinginkan dan merendahkan.

Meski Rubiales terus-menerus membantah melakukan kesalahan dan bersikeras bahwa ciuman tersebut – yang terjadi dalam siaran langsung yang ditonton secara global – dilakukan atas dasar suka sama suka,

Penelusuran Farah.id menunjukkan bahwa isu gender merupakan topik yang menonjol di Spanyol. Dalam beberapa tahun terakhir, puluhan ribu perempuan ikut serta dalam demonstrasi jalanan untuk memprotes pelecehan dan kekerasan seksual.

Pemerintahan koalisi sayap kiri yang dipimpin oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez telah memimpin beberapa reformasi hukum termasuk kesetaraan upah perempuan.

Spanyol kini berada di bawah pemerintahan sementara setelah pemilu yang tidak meyakinkan pada bulan Juli yang ditandai dengan perdebatan sengit mengenai hak-hak perempuan.

Penentang pemerintah mengkritik undang-undang kekerasan seksual yang memperkenalkan konsep persetujuan namun secara tidak sengaja memberikan celah yang memungkinkan lebih dari 1.000 pelaku yang dipenjara mendapatkan pengurangan atau penghentian hukuman lebih awal.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women