Biasakan anak perempuan berani mengungkapkan pendapat sejak kecil/Pixabay
Biasakan anak perempuan berani mengungkapkan pendapat sejak kecil/Pixabay
KOMENTAR

ORANGTUA yang memiliki anak perempuan pasti menginginkan anaknya menjadi kuat dan tangguh menghadapi kerasnya kehidupan.

Karena itulah orangtua wajib mempraktikkan kiat parenting berikut ini.

Membiasakan anak berani mengutarakan pendapat dan berdiskusi

Tidak sedikit perempuan yang di masa dewasanya tidak percaya diri untuk mengungkapkan pendapat, terlebih lagi di hadapan umum. Hal ini bisa jadi karena sejak kecil, anak tidak diberi kesempatan yang cukup untuk berbicara.

Orangtua hendaknya membuka wawasan anak tentang berbagai peristiwa dan isu yang dekat dengan keseharian anak. Misalnya saja tentang sikap sopan kepada orang yang lebih tua, pergaulan di sekolah, dan lainnya. Berilah ia kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya tentang suatu isu. Hargailah pendapatnya. Berilah arahan jika ada dia keliru menginterpretasikan suatu hal.

Hadirkan atmosfer perempuan berdaya di rumah

Dengan memiliki wawasan yang luas, perempuan akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk percaya diri dan merasa berdaya. Karena itu orangtua harus mampu menghadirkan atmosfer perempuan tangguh di rumah. Seorang ibu hendaknya menjadi role model bagaimana sosok perempuan yang selalu semangat, tidak mudah mengeluh, dan terampil mengerjakan banyak hal.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting