Ilustrasi sayur-sayuran/Net
Ilustrasi sayur-sayuran/Net
KOMENTAR

PERNAHKAH Sahabat Farah menyisakan makanan begitu banyak di meja? Sisa makanan yang ada biasanya dipanaskan kembali agar bisa dimakan dan tidak terbuang sia-sia.

Biasanya, kita menggunakan berbagai macam cara untuk memanaskannya, bisa dengan microwave atau menggorengnya kembali. Memang rasa masakan yang dipanaskan kembali itu tidak sesegar saat pertama kali memasaknya, tapi setidaknya tidak terbuang sia-sia.

Beberapa makanan memang masih bisa dipanaskan kembali tanpa banyak mengubah rasa. Namun, ada beberapa makanan yang memang tidak boleh untuk dipanaskan ulang. Karena, makanan-makanan tersebut jika dipanaskan bisa menimbulkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

1. Bayam

Memang sudah banyak Sahabat Farah yang tahu, kalau sayur bayam tidak bisa dipanaskan ulang. Namun, masih sedikit yang tahu alasannya. Sayur bayam tidak diperbolehkan untuk dipanaskan ulang, karena memiliki kandungan nitrat yang sangat tinggi. Memanaskan sayur bayam hanya akan menghasilkan senyawa karsinogenik yang kemudian dapat memunculkan kanker.

2. Kangkung

Begitu pula dengan sayur kangkung. Menghangatkan kembali sayur kankung hanya akan mengurangi vitamin yang ada di dalamnya. Sayur kangkung yang dipanaskan juga dapat mengeluarkan nitrat dan karsionegen yang membuatnya menjadi beracun.

3. Jamur

Tidak banyak yang mengetahui bahwa sayur yang mengandung jamur, ternyata tidak bisa dipanaskan berulang kali. Jamur memiliki kandungan protein yang sangat banyak dan rasanya yang lezat. Namun jika dipanaskan berulang, protein melimpah pada jamur justru akan membahayakan tubuh.

4. Kentang

Kentang tidak boleh dipanaskan ulang, lantaran kandungan gizi di dalamnya bisa hilang. Kentang yang dipanaskan berulang akan menimbulkan bakteri langka yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia. Seseorang bisa saja terkena racun kentang dengan gejala mual. Disebut juga dengan keracunan makanan.

Itulah beberapa jenis sayuran yang tidak bisa dipanaskan berulang kali. Memanaskannya secara berulang sama saja memunculkan racun yang ada di dalam sayuran tersebut.

Baik itu bayam, kangkung, jamur, maupun kentang sebenarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Memanaskannya berulang hanya akan merusak kandungan gizinya dan mengubah cita rasa yang dihasilkan.

Jadi, hati-hati ya Sahabat Farah!




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health