Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

CAPEK, sedih, marah, stres, biasa dialami setiap orang. Suasana hati seperti itu bisa berlangsung cepat atau lama, hingga berhari-hari. Jika dibiarkan, tentu saja akan menganggu aktivitas keseharian.

Untuk mengatasi perasaan-perasaan tersebut, terkadang hanya perlu mengonsumsi makanan-makanan tertentu untuk mengembalikan mood. Dan percaya atau tidak, sejumlah makanan sederhana memang mampu mengembalikan keceriaan seseorang.

Saat Marah

Teh Chamomile

Ketika seseorang sedang marah, ada baiknya mengonsumsi seledri, kacang, telur, dan chamomile. Seledri membantu membersihkan pikiran, menenangkan perasaan, serta membantu dalam menyembuhkan rasa marah. Kamu juga bisa minum jus yang dicampur seledri untuk meredam kemarahan.

Kacang, utamanya kacang kenari, mengandung asam lemak omega-3, Vitamin E, melatonin, dan zat antioksidan yang berguna memperbaiki suasana hati. Sedangkan teh chamomile mengandung zat antioksidan dan flavonoid yang membantu untuk menenangkan sistem saraf dan mengontrol emosi.

Saat Capek

Alpukat dan salmon

Konsumsilah alpukat, salmon, pisang dan protein shake untuk mengatasi lelah. Tidak hanya menjadi sumber gula alami, pisang jaya akan serat yang bisa memperlambat penyerapan gula. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi di dalamnya berperan dalam memberikan energi penuh.

Alpukat juga mengandung nutrisi, protein, dan serat yang bisa membantu menjaga energi sepanjang hari. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa meningkatkan energi. Begitu pula dengan vitamin B pada buah ini, sangat dibutuhkan untuk optimalisasi fungsi mitokondria dalam memproduksi sel energi.

Saat Stres

Ayam goreng oatmeal

Brokoli, almond, dada ayam, dan oatmeal sangat membantu mengurangi stres. Brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan yang baik untuk mengurangi stres. Vitamin B, terutama Folic Acid, terbukti tidak hanya meredakam stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, dan depresi.

Kacang almond kaya akan vitamin B yang mendukung fungsi otak dan menyeimbangkan neurotransmitter dan menghilangkan stres.

Saat Sedih

Cokelat yogurt

Setiap saat, seseorang bisa merasa sedih. Atasi rasa sedih itu dengan mengonsumsi quinoa, bayam, cokelat, dan yoghurt. Vitamin B yang terkandung dalam bayam juga berfungsi untuk meningkatkan mood saat sedih, menstruasi, maupun masa kehamilan.

Sedangkan probiotik dalam yoghurt punya kemampuan untuk melawan kecemasan ataudepresi atau hanya membuat seseorang merasa lebih baik setelah mengalami hari yang buruk.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health