post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DARI seluruh jenis penyakit kanker, sampai saat ini kanker payudara menjadi penyebab kematian tertinggi pada perempuan. Bukan hanya pada usia lanjut, remaja pun bisa mengalaminya.

Pola hidup tak sehat disebut sebagai penyebab utama kanker payudara pada remaja. Kemunculan kanker biasanya sulit diobati, karena baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut.

Kebiasaan mengonsumsi makanan kekinian, seperti junk food, lagi-lagi disebut sebagai pemicu utama kanker payudara pada remaja. Tidak hanya junk food, minuman manis yang terlalu sering pun berpotensi meningkatkan sel kanker payudara.

Diet tinggi gula, karbohidrat, daging olahan, serta margarin, diketahui dapat meningkatkan peradangan yang berujung pada meningkatnya risiko kanker dan penyakit jantung.

Sementara pada perempuan, peradangan secara spesifik mengarah pada kanker payudara. Hal ini dikarenakan fase remaja merupakan fase di mana payudara tengah mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan.

Gejala Awal Kanker Payudara pada Remaja

Untuk mengetahui gejala awal kanker payudara pada remaja, tidak hanya menuntut kepekaan pada si remajanya sendiri, tapi juga kesadaran dari orangtua, terutama ibu.

Bunda sebisa mungkin mewaspadai gejala kanker payudara yang muncul pada remaja putrinya. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah:

  • Benjolan

Perhatikan pertumbuhan payudara pada remaja Bunda. Teliti, apakah ada benjolan yang tidak wajar. Lakukan teknik SADARI secara mandiri di rumah, Bersama Ananda.

  • Perubahan kulit payudara

Biasanya, gejala awal kanker payudara ditandai dengan munculnya ruam atau kulit kemerahan di sekitar payudara remaja putri Bunda. Perhatikan, apakah tekstur payudara seperti kulit jeruk atau tidak. Dan, area payudara yang terkena kanker biasanya tampak berlekuk dan menebal.

  • Perubahan pada putting

Perubahan pada putting bukan hanya ditandai dengan rasa nyeri, tetapi tekturnya ikut mengeras bahkan bisa saja masuk ke dalam. Cairan tidak normal juga akan keluar dari dalam putting.

  • Benjolan di ketiak

Benjolan ketiak bisa saja muncul akibat jaringan payudara meluas ke area tersebut. Sel kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Jadi, sarankan pada remaja Bunda untuk mengikuti pola hidup sehat dan mengurangi mengonsumsi makanan kekinian atau junk food. Meskipun tidak secara langsung menjadi penyebab kanker, tapi makanan-makanan tersebut dapat memicul tumbuhnya sel kanker pada remaja.




Cara Kilat Hilangkan Pilek, Minum Jelatang Salah Satunya

Sebelumnya

Warna Kulit dan Kuku Pucat, Salah Satu Gejala XBB pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health