Pemeriksaan HPV DNA-Sadanis di Kemenag RI (20/2)/Dok. Kemenag RI
Pemeriksaan HPV DNA-Sadanis di Kemenag RI (20/2)/Dok. Kemenag RI
KOMENTAR

DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kementerian Agama RI mengadakan pemeriksaan gratis HPV DNA alias Human Papilloma Virus Deoxyribonucleic Acid dan Sadanis di Kantor Pusat Kemenag Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Selasa (20/2).

Pemeriksaan yang diikuti 126 karyawati ini menjadi bagian dari deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

“Kanker serviks adalah jenis kanker paling banyak kedua di Indonesia, kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi virus HPV,” ungkap Ketua DWP Kemenag RI Farikhah Nizar Ali, seperti dilansir laman resmi Kementerian Agama.

Pemeriksaan HPV DNA dan Sadanis yang diadakan DWP Kementerian Agama mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dr. Rismasari.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi, karena tidak semua Kementerian dan lembaga memperhatikan hal ini (memperhatikan kesehatan karyawan perempuan-red),” kata dr. Rismasari.

Menegaskan komitmen untuk perempuan Indonesia, Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut memaparkan bahwa pemeriksaan gratis kali ini adalah yang kedua untuk kanker serviks. Sebelumnya, tes Iva dan Sadanis untuk perempuan Indonesia bebas kanker serviks dan kanker payudara telah dilakukan pada Agustus 2022 dengan total 13.079 peserta di seluruh Indonesia.

“Semoga di tahun-tahun ke depan kita dapat menyelenggarakan acara ini secara rutin,” ujar Eny.




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News