Dokter kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam program Bincang Sehat/Farah
Dokter kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam program Bincang Sehat/Farah
KOMENTAR

OLAHRAGA merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, di samping menjaga pola makan dan gaya hidup.

Namun, kerap kali ada anggapan yang keliru di masyarakat terkait olahraga itu sendiri, terutama di kalangan ibu rumah tangga. Salah satunya adalah anggapan yang menyebut bahwa melakukan pekerjaan di rumah seperti menyapu, mengepel dan mencuci di rumah adalah kegiatan olahraga.

"Dalam kehidupan sehari-hari ada yang bertanya ke saya, 'dok saya tidak bisa keluar rumah, jadi saya mengerjakan pekerjaan rumah sampai berkeringat, lapar, itu sama kan seperti olahraga?'," ujar dokter kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam program Bincang Sehat bertajuk "Olahraga Anti Rumit Selama Pandemi" yang dilaksanakan oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Jumat (5/2).

"Jawabannya adalah 'tidak'. Itu adalah aktivitas fisik. Sedangkan olahraga berbeda dengan aktivitas fisik," jelasnya.

Dia memaparkan bahwa meski aktivitas fisik sepert mengepel dan menyapu menghasilkan keringat, namun itu bukan merupakan olahraga.

Jika demikian, lantas apa bedanya olahraga dan aktivitas fisik?

"Bedanya adalah, jika kita beraktivitas. fisik tidak ada program. Sedangkan jika kita berolahraga harus memiliki program, yaitu FITT (frequency, intensity, time, dan type) dari olahraga tersebut," jelas dr. Michael.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health