Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

VIRUS corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global merupakan jenis virus yang baru. Oleh karena itu, penelitian soal karakter virus ini serta pencegahan dan penanganannya masih dikembangkan lebih lanjut.

Namun, di tengah pandemi virus corona ini, tidak sedikit informasi atau klaim palsu yang menyebar dengan mudah di sosial media. Hal ini tentu meresahkan dan menyesatkan.

Salah satu informasi palsu yang menyebar baru-baru ini menyebutkan bahwa obat kumur bisa membantu mencegah penulara virus corona.

WHO Indonesia melalui akun Twitternya, @WHOIndonesia menegaskan bahwa informasi tersebut tidak tepat alias hoax. Pasalnya, sejauh ini belum ada penelitian resmi yang menunjukkan bahwa obat kumur bisa cegah penularan virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

"Belum ada bukti bahwa menggunakan obat kumur akan melindungi Anda dari infeksi virus corona baru (Covid-19)," begitu informasi yang dimuat di akun resmi WHO Indonesia.

"Beberapa merk obat kumur dapat menghilangkan beberapa jenis mikroba tertentu pada air liur di mulut Anda selama beberapa menit. Namun hal ini tidak berarti obat kumur dapat melindungi anda dari infeksi Covid-19," tegas pernyataan yang sama.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health