Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DI tengah kasus Covid-19 yang kembali memuncak, pakar kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban, menyoroti peningkatan kasus yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir ini. Ia mengingatkan publik untuk bersiap kembali tentang kemungkinan laporan harian angka kematian dari Covid-19 yang akan merangkak naik.

“Indonesia harus berhati-hati dan bersiap hadapi peningkatan kasus Covid-19 dan kematian ke depan,” kata Prof Zubairi.

Untuk itu, Prof Zubairi menegaskan kembali kepada pemerintah Indonesia untuk perlunya memperketat aturan, seperti kembali menggencarkan vaksinasi booster, demi mencegah terjadinya lonjakan kasus yang lebih meningkat lagi.

“Perlu kebijakan lebih agresif lagi untuk memastikan masyarakat, terutama lansia dalam mendapatkan vaksinasi booster,” tulis beliau dalam cuitan di Twitter, Senin (21/11).

Selain itu, pakar IDI ini juga menekankan untuk memperketat protokol kesehatan kembali dan meningkatkan cakupan seluruh vaksinasi dalam melawan subvarian dari Omricron XBB dan BQ.1 ini, yang sejauh ini telah mendominasi sekitar 60 persen dari total kasus harian Covid-19.

Baru-baru ini, ia juga ikut menyoroti catatan kenaikan bed occupancy rate (BOR), atau jumlah tempat tidur yang meningkat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful Anwar Malang (RSSA). Pasalnya ruangan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut dikatakan nyaris penuh.

“Alarm. Tingkat keterisian BOR 49 persen, cukup signifikan karena rata-rata BOR di RS sebelumnya 5 persen,” pungkasnya.

Oleh karena itu, kita perlu untuk mengencangkan kembali sabuk pengaman kita dengan terus menjaga kesehatan dengan sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan melakukan suntik vaksinasi Covid-19, bagi siapapun yang belum pernah divaksinasi.

Data Covid-19 terkini

Sementara itu, pemerintah melaporkan kasus harian Corona sebanyak 5.172 kasus hari ini. Dilaporkan juga, sebanyak 5.690 pasien sembuh dari Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Data kasus Covid-19 itu dipublikasikan oleh Humas BNPB, Minggu (20/11)/ Data kasus Covid-19 diperbarui setiap hari per pukul 12.00 WIB. Dengan adanya penambahan kasus harian ini, total kasus Corona di Indonesia sejak Maret 2022 hingga Minggu (20/11) berjumlah 6.608.367, sebanyak 62.179 di antaranya adalah kasus aktif.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News