post image
KOMENTAR

PERMASALAHAN pendidikan di Indonesia cukup kompleks. Satu yang krusial, yang (masih) menjadi perhatian adalah tidak meratanya penyebaran guru dan kualitas pendidikan.

Luasnya wilayah Indonesia yang di dalamnya terdapat barisan pulau dan lautan kerap dijadikan alasan sulitnya memberikan pendidikan yang adil dan merata bagi segenap rakyat di 34 provinsi. Tidak hanya masalah sarana dan prasarana, tapi juga kualitas institusi pendidikan meliputi kondisi sekolah dan para gurunya.

Kisah siswa AA di Gresik yang merokok di dalam kelas saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan membully sang guru saat ditegur merupakan salah satu potret buram dunia pendidikan Indonesia. Sedemikian parahkah sistem pendidikan kita?

Menurut Retno Ekapuri, MSi, Guru Bimbingan Konseling SMAN 9 Tangerang Selatan, dibutuhkan kejelasan dan ketegasan dari pihak sekolah agar para siswa mengikuti KBM dengan lancar. Dengan demikian, tujuan pendidikan yang tidak hanya melecutkan kemampuan akademik tetapi juga karakter unggul dapat tercapai.

F: Apa pendapat Ibu tentang video viral tersebut?

RE: Merokok di dalam kelas itu sangat keterlaluan. Ketahuan merokok di kamar mandi atau lingkungan sekolah saja sudah ada sanksinya. Apalagi melakukan pelanggaran berat di dalam kelas.

F: Apa yang menyebabkan pelajar remaja ini bisa sedemikian berani melakukan pelanggaran?

RE: Ada faktor eksternal dan internal yang memicu siswa tersebut melakukan tindakan tidak terpuji di kelas.

 

Waspada, Mom. Siblings Rivalry Terjadi Pada Anak-anak Anda

Sebelumnya

The Play Years, Mengajari Anak dengan Bahagia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting World