Buah dan sayur berserat untuk hempas kolesterol/Freepik
Buah dan sayur berserat untuk hempas kolesterol/Freepik
KOMENTAR

KADAR kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengatur pola makan.

Berikut adalah tujuh makanan yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol:

  1. Alpukat: Alpukat mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kamu bisa menambahkan potongan alpukat ke dalam salad, spread alpukat pada roti gandum sebagai pengganti mentega, atau buat smoothie alpukat dengan susu rendah lemak dan buah-buahan lainnya.
  2. Oatmeal: Mengonsumsi oatmeal secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol LDL karena kandungan serat larut airnya yang tinggi. Masak oatmeal dengan air atau susu rendah lemak, tambahkan potongan buah segar atau kering untuk rasa tambahan, dan hindari menambahkan gula tambahan.
  3. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Makan segenggam kacang-kacangan sebagai camilan sehat, tambahkan kacang sebagai topping pada salad atau yogurt, atau buat spread kacang untuk roti atau crackers.
  4. Ikan Berlemak: Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan omega-3, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.
  5. Sayuran Berdaun Hijau: Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  6. Buah-buahan Beri: Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Makan buah-buahan beri sebagai camilan sehat, tambahkan ke dalam oatmeal, yogurt, atau salad, atau buat smoothie dengan campuran berbagai buah-buahan beri.
  7. Minyak Zaitun: Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak, atau tambahkan sebagai bumbu pada hidangan panggang, atau gunakan sebagai pengganti mentega pada roti.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur dan menggabungkannya dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga rutin dan tidak merokok, kita dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung kita.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan kalian.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health