Ikan mackarel raja/Freepik
Ikan mackarel raja/Freepik
KOMENTAR

DALAM dunia kesehatan, kolesterol tinggi diketahui berpotensi membentuk plak yang menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan.

Karena itulah masyarakat diharuskan mengatur pola makan. Karena jika tidak, dapat menyebabkan beberapa penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan juga stroke.

Salah satu makanan yang menjadi sumber gizi adalah ikan. Kita tahu ikan mengandung asam lemak omega 3, lemak tersebut termasuk jenis lemak sehat yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Namun demikian, bagi penderita kolesterol, mengonsumsi ikan bisa menjadi dilema. Di satu sisi, mengonsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Namun di sisi lain, penderita khawatir kadar kolesterol dapat meningkat.

Dilansir dari Healthline, semua ikan mengandung kolesterol, tetapi juga tinggi asam lemak omega. Namun perlu dilakukan pembatasan konsumsi dikarenakan beberapa jenis ikan mengandung merkuri dengan jumlah yang tinggi.

Merkuri (Hg) adalah logam berat yang ditemukan secara alami di udara, air, dan tanah. Paparan logam dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kadar low-density lipoproteins (LDL) atau yang disebut kolesterol jahat yang lebih tinggi.

Inilah beberapa Ikan yang tidak boleh dimakan bagi penderita kolesterol tinggi.

1# Hiu

Daging ikan hiu mengandung logam beracun seperti merkuri dalam kadar yang melebihi batas, sekitar 0,979 bagian per sejuta (ppm).

2# Marlin

Marlin termasuk jajaran makanan laut yang tercemar merkuri, namun ikan marlin tercatat memiliki kandungan merkuri lebih sedikit dari hiu, yaitu sekitar 0,485 ppm.

3# Todak

Ikan todak memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging yang melimpah, namun kandungan merkuri dalam ikan ini termasuk paling besar dibanding dua ikan sebelumnya, yakni 0,995 ppm.

Selain tiga nama ikan di atas, Badan Pengawas Makanan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) menginformasikan beberapa jenis ikan tinggi merkuri lain seperti mackerel raja dan tuna mata besar.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health