KOMENTAR

SALAH satu cara untuk menikmati daging kurban di Hari Raya Idul Adha adalah nyate bareng keluarga. Ada yang membersihkan dan memotong daging, menusukkan daging ke batang lidi, menyiapkan arang dan panggangan, hingga bergantian mengipasi daging jika tak ingin menggunakan kipas angin. Tidak ketinggalan bumbu kacang atau kecap bertabur cabai rawit yang bikin satai alias sate menjadi nikmat.

Tapi bagi sebagian dari kita yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, mengonsumsi terlalu banyak sate kambing atau sate daging sapi sekalipun, harus waspada. Terlalu berlebihan mengonsumsi daging bisa langsung berdampak ke fisik. Koleterol tinggi berpotensi menimbulkan nyeri pada tengkuk, sakit kepala, hingga nyeri dada.

Nah, sebelum ‘terlena’ untuk menyantap tusuk demi tusuk sate, ada baiknya kita siapkan salah satu dari dua sayuran hijau ini yang dikenal ampuh menghalau kolesterol tinggi.

1# Kale

Si hijau satu ini memang dikenal sebagai salah satu sayuran super karena beragam khasiatnya bagi kesehatan. Sebuah studi menyebutkan minum jus kale tiap hari selama lebih kurang 12 pekan bisa menambah kadar kolesterol baik (HDL) hingga 27 persen, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 10 persen.

Dengan hanya diminum dalam bentuk jus, daun kale juga bisa dikukus secara benar untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hebatnya lagi, tak hanya mengandung asam empedu sequestran penurun kolesterol, kale juga sumber antioksidan yang juara.

2# Kelor

Daun kelor? Tidak heran bila daun ini memiliki segenap manfaat untuk kesehatan. Seperti dikutip dari laman resmi Dinas Kesehatan Bandung, daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, dan menangkal radikal bebas.

Ditambah lagi, daun kelor juga disebutkan sangat baik untuk jantung sehat karena mengontrol lipid darah, mencegah pembentukan plak di arteri, dan menurunkan kadar kolesterol.

Siapkan daun kelor atau daun kale di samping kita sebelum nyate. Tapi tetaplah bijak, jangan makan terlalu berlebihan.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health