Warna semangka mirip bendera Palestina/Freepik
Warna semangka mirip bendera Palestina/Freepik
KOMENTAR

MEDIA sosial menjadi tempat bagi warganet untuk mengekspresikan dukungan mereka terhadap Palestina yang terus diserang oleh Israel. Belakangan ini media sosial diramaikan dengan gambar buah semangka yang diunggah ataupun dijadikan foto profil oleh warganet sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

Bagi banyak orang, semangka mungkin hanya salah satu jenis buah, tetapi tidak demikian bagi warga Palestina. Buah semangka digunakan sebagai bentuk protes, pertanian, kuliner, hingga sastra oleh warga Palestina. Selain itu, buah semangka juga dianggap untuk mewakili identitas nasional, hubungan dengan Tanah Air, dan perlawanan.

Namun bagaimana buah semangka dapat menjadi simbol dukungan untuk warga Palestina?

Ternyata, semangka merupakan buah yang populer di Palestina. Buah ini tumbuh subur di seluruh wilayah Palestina dan menjadi bagian dari budaya dan identitas Palestina. Tidak hanya itu, sebelumnya semangka juga sudah pernah menjadi simbol perlawanan rakyat Palestina.

Semangka sudah menjadi simbol perlawanan warga Palestina sejak perang tahun 1967. Pada tahun itu, Israel melarang bendera Palestina untuk dikibarkan. Siapa pun yang berani mengibarkan bendera Palestina akan ditangkap oleh Israel.

Melihat keterbatasan tersebut, para warga Palestina mulai menggunakan buah semangka karena jika dilihat potongan buah semangka memiliki warna yang mirip dengan bendera Palestina (merah, hijau, hitam, dan putih). Sejak saat itulah, mereka mulai membawa semangka ke berbagai demonstrasi.

Baru-baru ini, Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir kembali memberi instruksi polisi untuk menyita bendera Palestina yang ada di tempat-tempat umum. Oleh sebab itulah, buah semangka kini mulai ramai digunakan warganet Indonesia sebagai bentuk dukungan untuk Palestina.

Selain di media sosial, simbol buah semangka ini juga dapat dilihat di poster, kaos, dan banyak bentuk karya seni lainnya.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon