Sejuknya kota Thaif di Arab Saudi selayaknya berada di Puncak, Bogor/Freepik
Sejuknya kota Thaif di Arab Saudi selayaknya berada di Puncak, Bogor/Freepik
KOMENTAR

KOTA Taif, Arab Saudi adalah salah satu hidden gem yang menjadi tempat wisata favorit karena udaranya yang sejuk serta pemandangan yang indah. Sama halnya dengan Madinah dan Makkah, kota Taif juga menjadi salah satu kota pilihan wisatawan untuk melihat-lihat artefak sejarah dan budaya Islam.

Berdasarkan hasil penelusuran Farah.id, ketinggian kota Taif terletak pada 1.879 meter di pegunungan Hijazi. Taif dijuluki sebagai Qaryah Al Mulk atau desa para raja. Alasannya, banyak keluarga raja dan kerabatanya yang membangun tempat-tempat peristirahatan di wilayah ini.

Selain itu, Taif menjadi salah satu kisah pahit dari perjuangan Nabi Muhammad Saw menyiarkan Islam. Banyak dikisahkan, beliau mendapat perlakuan kasar oleh warga kota tersebut.

Rasulullah Saw tinggal di Taif selama sepuluh hari untuk berdakwah serta meminta perlindungan. Namun, penduduk kota Taif menolak dan tetap memperlakukan Rasulullah dengan kasar.

Meski Rasulullah mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari penduduk Taif, Beliau justru mendoakan penduduk yang berada di kota tersebut.

“Taif adalah ibu kota keindahan dan kreativitas semua tingkatan. Kota ini telah menjadi inkubator budaya dan ibu kota wisata Saudi selama beberapa dekade, serta tujuan utama para peziarah,” kata Latifa Al-Adwani, Kepala Pusat Sejarah Taif.

Latifa menjelaskan, pengunjung biasanya mendatangi tempat-tempat bersejarah seperti Masjid Al-Abbas, Masjid Al-Madhoun, Masjid Al-Hadi, Masjid Addas, Masjid Al-Kou serta Museum Istana Shubara.

Editor: Yunilawati




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon