Vera-Bankin-Ngatini, tiga gajah Sumatra yang ikut jadi pengibar bendera di Riau/@bbksda_riau
Vera-Bankin-Ngatini, tiga gajah Sumatra yang ikut jadi pengibar bendera di Riau/@bbksda_riau
KOMENTAR

BALAI Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Pekanbaru menggelar upacara perayaan HUT RI ke-78 dengan melibatkan tiga ekor gajah sebagai pasukan pengibar bendera Merah Putih (17/8/2023).

Dari video yang dibagikan akun TikTok BBKSDA Riau, terlihat salah satu gajah bertugas menarik bendera untuk sampai ke puncak tiang.

Dari penelusuran Farah.id, diketahui bahwa gajah Sumatra penarik tali pengibaran bendera tersebut adalah gajah latih bernama Vera. Dalam bertugas, Vera didampingi dua gajah latih lain, Bankin dan Ngatini.

Ketiga gajah latih tersebut dibawa dari PLG Minas, yang selama ini memang dikenal sebagai tempat pelatihan gajah liar. Dengan menjadikan gajah liar sebagai gajah latih, gajah-gajah itu diharapkan dapat membantu para pawang gajah dalam menjalankan mitigasi konflik ataupun penanganan konflik yang kerap terjadi dengan satwa liar di Riau.

“Tujuan melibatkan satwa gajah menjadi paskibra adalah sebagai edukasi dan sarana sosialisasi bahwa gajah bukanlah hama, ini adalah gajah yang keberadaannya penting bagi kelangsungan ekosistem alam. Gajah bahkan dianggap sebagai penyokong kehidupan manusia,” ujar Kepala BBKSDA Riau Hartono.

Sebagai salah satu satwa yang dilindungi, gajah Sumatra ini turut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menunjukkan kebanggaan sekaligus mendorong kepedulian masyarakat bahwa satwa yang dilindungi dan menjadi kebanggaan Riau itu dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan manusia.

Adalah kewajiban umat manusia untuk melindungi gajah agar selalu lestari.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon