ilustrasi ekspresi kebahagian/net
ilustrasi ekspresi kebahagian/net
KOMENTAR

TIAP manusia tentu ingin hidup bahagia. Namun ada beberapa cara agar mendapatkan kebahagian dari masing-masing orang. 

Kebahagiaan memiliki makna dan pengertian berbeda-beda. Hal kecil yang dianggap orang lain remeh tapi sangat berharga bagi orang tersebut. 

Profesor Arthur Brooks dari Harvard University mengatakan bahwa ada sejumlah hal yang harus dilakukan demi membangun kehidupan yang lebih bahagia.

Brooks mengatakan, seseorang harus membangun kebahagiaannya sendiri seperti membangun portofolio investasi yang seimbang. Sederhananya, seseorang harus berinvestasi di empat bidang yang sama agar bisa merasakan kepuasan dalam hidup.

"Kita membutuhkan keempat bidang dalam hidup agar kebahagiaan bisa tumbuh secara seimbang," kata Brooks. 

Dia mengatakan, setiap aspek dari portofolio tersebut sangat penting untuk merasakan kebahagiaan. 

"Sama seperti portofolio apa pun, ia perlu seimbang," lanjutnya.

Setiap individu harus menemukan hal apapun yang bisa membantu memahami dunia, seperti agama, praktik spiritual, atau apapun yang membantu dapat memberikan makna dalam hidup.

Selain itu yang bisa membuat seseorang bahagia diantaranya, keluarga, pertemanan, dan pekerjaan yang dijalani sekarang. 

Keluarga adalah hal yang tidak dapat dipilih. Namun, mereka adalah bagian utama dalam kehidupan yang selalu bisa diandalkan. Maka dari itu, Brooks sangat menyarankan setiap orang untuk mempererat hubungan dengan keluarga.

Pertemanan atau persahabatan dengan orang lain harus selalu dijaga agar tetap kuat sehingga bisa menjadi hubungan intim. Sebab, persahabatan bisa memengaruhi kebahagiaan seseorang.

Sementara itu, pekerjaan adalah salah satu investasi dalam hidup yang harus diperhatikan. Brooks mengatakan, pilihlah pekerjaan yang bisa membuat Anda merasa puas dengan kehidupan.

"Ini tidak selalu berarti pekerjaan dengan gaji tinggi karena Anda tidak perlu menghasilkan banyak uang untuk sukses dan melayani orang lain," terangnya.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting