ilustrasi tempat air zamzam di Mekah/net
ilustrasi tempat air zamzam di Mekah/net
KOMENTAR

Jemaah haji Indonesia mendapatkan tambahan 90 ribu galon air zamzam dari Arab Saudi. Masing-masing Jemaah 2023 mendapatkan jatah 10 liter per orang.

"Mulai hari ini, Jumat 14 Juli 2023 sudah kita kirim air zamzam untuk jamaah gelombang satu,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Haryanto.

Dia menjelaskan, lima liter air zamzam diterima jamaah haji di asrama saat tiba di Tanah Air.

Sedangkan, tambahan lima liter sebagai tali asih dari Kementerian Agama (Kemenag) akan diterima jamaah haji di Kantor wilayah Kementerian Agama kabupaten atau kota.

“Tentunya ini masih kurang dan akan didistribusikan terus hingga nanti jamaah memiliki 10 liter zamzam per orang," ujarnya.

Air zamzam ini merupakan kiriman dari Bandara Jeddah. Di mana, dia menyebutkan, pembagiannya di Tanah Air diserahkan kepada embarkasi masing-masing jamaah.

"Nanti akan diberitahukan kepada jamaah setelah tiba di Tanah Air," terangnya.

Adapun syarart pengambilan, Jemaah harus menunjukan bukti paspor untuk pengambilan tambahan lima liter air zamzam.

"Mohon bersabar untuk mendapatkan tambahan lima liter air zamzam, karena masih dalam proses pendistribusian," katanya.

Sebagai informasi, jemaah haji gelombang pertama yang sudah tiba di Tanah Air hingga Kamis malam sebanyak 62.615 jamaah dari 165 kloter.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, hingga Jumat (14/7/2023) pukul 11.37 waktu Arab Saudi, jamaah yang sudah pulang ke Tanah Air sebanyak 65.539 dari 173 kloter. Semuanya merupakan jamaah haji gelombang satu yang pulang dari Bandara Jeddah.

 




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News