Ki-Ka:Rr Dyah Purnamasari Sulistianingsih-Sri Mulyani-Evy Yunihastuti/@smindrawati
Ki-Ka:Rr Dyah Purnamasari Sulistianingsih-Sri Mulyani-Evy Yunihastuti/@smindrawati
KOMENTAR

MENTERI Keuangan Sri Mulyani membagikan kabar membanggakan untuk perempuan Indonesia yaitu pengukuhan guru besar dua perempuan dokter bidang ilmu spesialis penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dalam akun Instagram @smindrawati (8/7/2023), Menkeu membagikan sejumlah foto saat menghadiri pengukuhan guru besar FKUI yaitu Prof. Dr. dr. Rr Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD, K-EMD, FINASIM dan Prof. Dr. dr. Evy Yunihastuti, SpPD, K-AI.

Prof. Dyah Purnamasari membawakan pidato pengukuhan berjudul “Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Usia Muda sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia”. Sedangkan Prof. Evy Yunihastuti membawakan pidatonya bertajuk “Belajar dari Pandemi Covid-19: Vaksinasi dan Profilaksis untuk Perlindungan Tenaga Kesehatan di Indonesia”.

Menurut Sri Mulyani, dua topik yang dibawakan oleh kedua guru besar tersebut sangat penting, menarik, dan relevan untuk perbaikan kebijakan kesehatan di Indonesia. Ia pun mengapresiasi kedua perempuan hebat yang membanggakan itu.

Berikut ini profil singkat kedua guru besar FKUI dari bidang Ilmu Penyakit Dalam dikutip dari laman resmi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Prof. Dr. dr. Rr Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD, K-EMD, FINASIM

Prof. Dr. dr. Rr Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD, K-EMD, FINASIM adalah dosen tetap di Program Studi Ilmu Penyakit Dalam FKUI dengan jabatan fungsional sebagai Lektor. Ia adalah pakar di bidang metabolik endokrin dan tercatat sebagai staf di Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

dr. Dyah menamatkan pendidikan dokter di Universitas Indonesia tahun 1998. Ia melanjutkan spesialis ilmu penyakit dalam di Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam UI dan lulus di tahun 2006.

Selanjutnya di tahun 2014, dr. Dyah berhasil menyelesaikan pendidikan Subspesialis (Sp2) dalam bidang Ilmu Penyakit Dalam, juga di Universitas Indonesia. Ia menamatkan pendidikan S3 dan meraih gelar Doktor tahun 2015.

Prof. Dr. dr. Evy Yunihastuti, SpPD, K-AI

Prof. Dr. dr. Evy Yunihastuti, SpPD, K-AI merupakan pakar bidang Alergi dan Imunologi yang juga tercatat sebagai staf di Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

dr. Evy menamatkan pendidikan dokter di UI tahun 1997. Ia melanjutkan pendidikan spesialis ilmu penyakit dalam di Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam UI dan lulus di tahun 2004.

dr. Evy kemudian berhasil menyelesaikan Subspesialis atau Sp2 dalam bidang Ilmu Penyakit Dalam di FKUI. Ia meraih gelar Doktor (S3) juga di Universitas Indonesia pada tahun 2010.

dr. Evy adalah Dosen Pendidik Klinis di Program Studi Ilmu Penyakit Dalam FKUI dengan jabatan fungsional terakhir Lektor.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women