Zaskia Adya Mecca memposting kondisi anaknya yang sedang sakit gondongan di akun Instagram pribadinya/Tangkapan Layar
Zaskia Adya Mecca memposting kondisi anaknya yang sedang sakit gondongan di akun Instagram pribadinya/Tangkapan Layar
KOMENTAR

BARU-BARU ini Zaskia Adya Mecca mengunggah kabar, bahwa salah satu anaknya menderita penyakit gondongan. Awalnya, ia menganggap bengkaknya bagian leher sang anak adalah penyakit biasa yang tidak memerlukan perhatian khusus. Tapi nyatanya, istri Hanung Bramantyo ini salah besar.

“Jadi, 2 minggu yang lalu kelasnya Kab* ada wabah gondongan, 5 anak kena. Kirain udah ‘aman’, Kab* nggak kena, tahunya Kamis mulai nggak enak badan. Jumat aku ajak istirahat, Sabtu pagi kesakitan rahangnya. Ku nggaka da curiga gondongan, bawa ke dokter THT juga dokter gigi, kirain mau ada graham tumbuh (iya sih tumbuh, tapi harusnya nggak sakit heboh). Terus, dokter giginya baru curiga, ‘jangan-jangan gondongan’,” tulis Zaskia di akun Instagramnya, Selasa (4/4).

Ibu lima anak ini semakin khawatir, ketika Sang Anak merintih hebat karena sakit yang tidak tertahankan. Sakit itu menyerang tenggorokan dan telinga, sehingga untuk menelan makanan saja tidak bisa.

Beruntung dokter memberikan obat paracetamol/ibuprofen dan antivirus, Kab* tampak lebih tenang walau untuk menelan makanan masih terasa sakit. Menurut dokter, perlu waktu 2 minggu untuk proses pemulihannya.

“Ku ikhtiar pakai blau, walau browsing-browsing katanya ini mitos. Sama pakaikan kompresan, isolasi di kamar sendiri bonusin TV (biasanya nggak aku kasih TV kamar anak-anak), sambal nenangin juga alihkan perhatian Kab* biar tetap happy juga ikhlas menjalaninya,” tulisnya lagi.

Blau, mitos, dan menyembuhkan gondongan

Beberapa ahli memang menegaskan, menyembuhkan gondongan dengan blau adalah mitos belaka. Sebab, hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan kebenarannya.

Walau begitu, masih banyak Bunda yang percaya kalau penanganan pertama gondongan adalah blau. Seperti beberapa Bunda yang memberikan komentar pada postingan Zaskia.

“Aku juga pernah gondongan, sakittttt banget emang. Tapi pakai blau itu ngaruh juga sih kayaknya. Cepat sembut Kab* sayang,” tulis @viratandia.

“Tapi memang zaman dulu gondongan memang dikasih blau dan memang sembuh. Entah mitos apa nggak, tapi memang emak-emak zaman dulu suka ngasih itu kalau anaknya gondongan,” timpal @bundagaga21.

Walau begitu, ada pula Bunda yang menganggap blau justru memberikan efek samping bagi pernapasan, dan menyarankan untuk tidak menggunakannya.

“Aku langganan gondongan dari kecil bia. Dulu waktu kecil obatnya dikasih blau sama cuka, tapi sudah gede ternyata nggak boleh. Justru bau blau dan cukanya nggak baik untuk pernapasan trus akan timbul reaksi alergi bagi yang nggak cocok. Jadi, sama dokterku disuruh kompres aja pake air dingin untuk ngilangin bengkaknya,” komentar @yeyenkussyuma.

“Aku biasanya kompres pakai plester demam anak-anak biar nggak jatuh. Kalau secara tradisional, ibuku biasa parut pala atau manjakani, terus dikasih air dikit diusap ke bengkaknya. Yang penting jangan demam tinggi deh bia supaya gondongannya nggak makin meradang. Banyakin minum air putih, buah, dan istirahat ya. Semoga membantu,” lanjut @yeyenkussyuma.

Kalau Bunda, biasanya mengobati gondongan pakai apa nih?




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health