FANTOURA/Net
FANTOURA/Net
KOMENTAR

FORUM  Anak Nasional (FAN) mengajak anak-anak Forum Anak Daerah (FAD) untuk mengenal nusantara melalui pembuatan dan pemutaran video kreatif bernuansa lokal.  

Salah satunya melalui kegiatan FANTOURA (Forum Anak Tour Nusantara) dengan tema “Anak dan Provinsiku”.

FAN yang merupakan binaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) membagi inspirasi kepada forum-forum anak di daerah untuk melakukan kegiatan positif  dan kreatif demi meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai anak-anak Indonesia

“Kami mengapresiasi dan bangga anak-anak forum merancang kegiatan positif ini dan mengemasnya dengan sangat menarik. Semangat dan antusias luar biasa dari Forum Anak dalam membuat video ragam budaya, tradisi, dan alam daerah yang dikemas dengan kreatif tentu membantu meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai anak-anak Indonesia dan dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sudah seharusnya dipupuk sejak dini,” ujar PLT Deputi Bidang Hak Anak Rini Handayani, saat membuka kegiatan FANTOURA yang digelar secara virtual Sabtu, (28/1/2023).

Dalam kegiatan FANTOURA, lanjut Rini, akan banyak memberikan manfaat yang sangat positif. Bukan hanya bagi mereka yang menonton video, tetapi juga bermanfaat bagi anak-anak yang membuat video. 

"Mereka belajar banyak tentang proses pembuatan yang tidak mudah. Misalnya dari hal-hal yang bersifat manajerial seperti koordinasi, kerja sama, kepemimpinan juga kreativitas, serta tentang budaya, tradisi, dan kearifan lokal di daerah masing-masing,” demikian Rini.
 
FANTOURA dibentuk sebagai ajang bagi Forum Anak tiap daerah untuk mengenalkan program kerja dari masing-masing FAD dengan tujuan untuk saling menginspirasi satu sama lain dalam rangka meningkatkan peran sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) serta berpartisipasi dalam proses pembangunan. 

Dari 27 video yang dikirim oleh 21 provinsi yang berpartisipasi, 5 video terbaik terpilih melalui tahap penilaian yaitu video FAD Provinsi Bangka Belitung, FAD Provinsi Sulawesi Selatan, FAD Provinsi Maluku, FAD Provinsi Kalimantan Barat, dan FAD Provinsi Jawa Timur. Video-video tersebut ditayangkan dalam Puncak acara FANTOURA (28/1) dan dapat ditonton secara daring melalui chanel youtube Forum Anak Nasional https://youtube.com/@SekreFan.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News