Ilustrasi terinfeksi Covid-19/Net
Ilustrasi terinfeksi Covid-19/Net
KOMENTAR

BELUM usai kasus Covid-19 yang disebabkan oleh Omicron varian XBB, kali ini varian baru dari Covid-19 yang bernama BN.1 telah terdeteksi di Indonesia. Berdasarkan laporan terbaru dari Kementerian Kesehatan, subvarian ini telah menginfeksi 20 warga.

Jakarta menjadi wilayah subvarian BN.1 terbesar dengan jumlah 9 kasus terdeteksi. Diikuti Jawa Tengah sebanyak 5 kasus, serta beberapa daerah lainnya seperti Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Kenali dan waspadai beberapa gejala dari Omicron BN.1. Umumnya, gejalanya mirip dengan varian-varian sebelumnya.

1. Sakit tenggorokan

Sama seperti gejala Covid-19 dari subvarian lain, gejala awal BN.1 ini memicu sakit tenggorokan yang disertai dengan rasa gatal dan sulit menelan. Biasanya, sakit tenggorokan muncul bersamaan dengan batuk kering, namun dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan dalam sub varian ini juga bisa muncul dengan sendirinya tanpa ada gejala batuk.

2. Batuk

Pada kasus Covid-19, biasanya batuk yang timbul cenderung bersifat kering. Ini menandakan bahwa tubuh sedang berupaya untuk mengeluarkan patogen seperti virus atau bakteri dari dalam tubuh.

3. Kelelahan

Saat terinfeksi subvarian ini, tubuh akan terasa lebih lelah daripada biasanya. Lelah ini terjadi ketika tubuh kehabisan energi usai bekerja keras untuk melawan penyakit, meskipun kamu sedang tidak melakukan aktivitas apapun.

4. Pilek

Seperti gejala lainnya, pilek menjadi salah satu gejala umum dari Covid-19. Namun tidak selalu berarti positif Covid, di tengah musim hujan yang terjadi saat ini, bisa saja kamu terkena pilek yang disebabkan dari salesma biasa. Untuk memastikannya, kamu perlu melakukan uji swab PCR/antigen.

5. Sakit Kepala

Sama seperti pilek, sakit kepala juga gejala umum dari Covid-19. Biasanya sakit kepala ini muncul dengan denyutan yang terjadi di kepala yang disertai rasa pusing.

6. Demam

Kamu perlu waspada jika tubuhmu menunjukkan suhu melebihi 3,5 derajat celcius yang disertai dengan meriang, sebab hal tersebut merupakan salah satu tanda kamu mungkin terkena Covid-19 subvarian BN.1

7. Nyeri otot

Biasanya, nyeri pada otot terjadi karena adanya peradangan dalam tubuh. Artinya, sistem kekebalan tubuh juga tengah bekerja keras dalam melawan virus yang menyerang, salah satunya virus Covid-19.

Di tengah musim hujan dan Covid-19 yang muncul kembali dengan varian barunya ini, kita perlu untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, vitamin, rajin berolahraga, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker ketika keluar rumah.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health