KOMENTAR

MINYAK esensial (essential oil) semakin hari semakin disukai masyarakat karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ini dikenal dengan nama minyak atsiri, berasal dari ekstrak berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, buah, ataupun kulit kayu yang didestilasi atau disuling.

Harga minyak esensial relatif cukup mahal, karena selain karena proses pembuatannya yang rumit, jumlah tanaman yang digunakan untuk menghasilkan minyak tersebut juga harus banyak. Cara penggunaan minyak esensial dapat dioles, dihirup, ataupun diuap dengan cara dimasukkan ke dalam diffuser.

Berikut ini adalah beberapa minyak esensial yang biasanya disediakan para ibu di rumah, sebagai ‘senjata’ untuk menghadapi keluhan kesehatan seluruh anggota keluarga terlebih di saat pandemi dan cuaca yang tidak bersahabat.

1# Lavender

Minyak ini berasal dari ekstrak bunga lavender (Lavandula angustifolia). Tanaman ini merupakan kelompok tanaman mint, memiliki bunga berwarna ungu dengan aroma yang manis.

Aroma lavender cenderung ringan dan menyegarkan, yang dapat dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia dan meredakan stres. Selain itu aroma ini juga dapat digunakan untuk mengusir serangga terutama nyamuk.

2#Eucalyptus

Minyak ini berasal dari hasil penyulingan daun tanaman Eucalyptus. Minyak ini digunakan untuk menghangatkan tubuh serta meredakan gejala flu. Selain itu minyak ini juga dapat mengusir nyamuk dan melegakan pernapasan.

3# Peppermint

Minyak ini dihasilkan dari penyulingan tanaman peppermint. Minyak ini digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, meringankan sakit kepala dan memperbaiki mood serta membasmi mikroba yang ada di ruangan.

4# Tea tree

Minyak ini cukup dikenal di dunia skincare dan kecantikan. Minyak ini dipercaya dapat meredakan jerawat dan mengatasi penuaan dini.

5# Lemon

Minyak lemon bermanfaat untuk membantu meredakan stres, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan fokus atau konsentrasi. Selain itu minyak ini juga dapat membantu mengatasi jerawat.

6# Serai

Minyak yang berasal dari tanaman serai atau lemongrass ini dapat membantu mengurangi stres, mengusir nyamuk, mengatasi depresi, hingga membantu mengusir nyamuk.

7# Pinus

Minyak ini berasal dari pohon pinus atau cemara. Digunakan untuk menyegarkan ruangan, mengatasi masalah kulit, jerawat, juga eksim. Selain itu minyak ini juga dapat mengatasi radang sendi dan menyegarkan pernapasan.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health