ilustrasi/Net
ilustrasi/Net
KOMENTAR

PENYAKIT asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan kondisi nyeri yang tidak tertahankan pada area persendian. Tidak hanya nyeri, asam urat kerap kali ditandai dengan pembengkakan, serta sensasi rasa terbakar di berbagai daerah persendian, seperti area jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, serta lutut.

Bahayanya, penyakit ini tidak hanya menyerang orangtua tapi juga mereka yang masih muda. Ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan anak muda dan itu memicu terjadinya asam urat.

Penyebab asam urat di usia muda

Seperti dikutip laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), ada beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, yaitu:

  • Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk bisa memicu terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya asam urat. Seperti mengonsumsi minuman beralkohol dan bersoda, memiliki kadar pemanis buatan yang tinggi yang dapat merangsang tubuh memproduksi zat purin, yang menjadi pemicu asam urat.

Mengonsumsi daging merah, jeroan hewan, beberapa jenis hidangan laut (teri, sarden, kerang, atau tuna) juga bisa menjadi penyebab asam urat. Sebab, makanan-makanan ini mengandung banyak purin.

  • Faktor genetik

Jika kamu memiliki keluarga dengan riwayat penderita asam urat, hati-hati. Ada baiknya kamu memulai pola hidup yang sehat.

  • Memiliki kondisi medis tertentu

Misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

  • Baru saja mengalami cedera atau pembedahan

Mencegah asam urat

Untuk mencegah serta mengatasi terjadinya asam urat di usia dini, kamu perlu mengubah beberapa gaya hidup dan pola makan seperti di bawah ini:




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health