Ilustrasi sejumlah makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat/Net
Ilustrasi sejumlah makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat/Net
KOMENTAR

SAHABAT Farah tentu tahu penyakit asam urat atau gout, bukan? Penyakit ini merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Biasanya untuk mencegah timbul gejala, ada beberapa makanan yang wajib dipantang.

Nah, di bulan Ramadan ini penderita asam urat sebaiknya pandai memilih makanan yang tidak menyebabkan kekambuhan, Lantas apa menu buka puasa untuk penderita asam urat selama Ramadan?

Dikutip dari Cleveland Clinic, penderita asam urat disarankan mengurangi makanan tinggi purin (diet rendah purin) untuk mengontrol asam urat dalam tubuh Anda. Adapun makanan yang disarankan adalah:

1. Variasi sumber protein

Terdiri dari daging dan unggas tanpa lemak, susu rendah lemak, dan lentil sebagai sumber protein. Daging merah perlu dibatasi konsumsinya, sedangkan jeroannya perlu dihindari. Beberapa jenis makanan laut seperti teri, kerang, sarden, dan tuna, tinggi akan purin, sehingga perlu dibatasi.

2. Variasi buah dan sayuran

Sebagian besar sayuran dan buah rendah purin, kecuali asparagus dan bayam. Untuk buah, disarankan mengonsumsi Ceri, karena beberapa penelitian membuktikan buah ini berpotensi menurunkan risiko serangan asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi. 

3. Variasi biji-bijian

Semua biji-bijian disarankan menjadi pilihan makanan berbuka puasa untuk penderita asam urat, kecuali gandum. Hindari menambahkan pemanis saat hendak mengonsumsinya.

4. Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secukupnya, terutama kopi berkafein normal, dapat terkait dengan penurunan risiko asam urat.

5. Susu

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum susu skim dapat membantu mengurangi asam urat. Ini mempercepat ekskresi asam urat dalam urin dan juga mengurangi respons peradangan tubuh terhadap kristal asam urat di persendian. 

Perhatikan pula asupan minum agar tetap terhidrasi. Air putih juga baik untuk kesehatan ginjal. Gangguan fungsi ginjal merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan asam urat.




Kenali Pemicu dan Gejala Penyakit Asma, Ketahui Cara Mencegahnya

Sebelumnya

Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health