post image
Teh ternyata juga bermanfaat untuk merilekskan kembali pikiran dan menenangkan hati/Net
KOMENTAR

PIKIRAN cemas biasanya akan mengganggu pola tidur, nafsu makan, dan lainnya. Karenanya, banyak orang mencoba untuk menenangkan pikiran agar terhindar dari hal-hal tidak baik seperti stres, gangguan mental, hingga kesehatan fisik.

Pergi berlibur menjadi pilihan yang dirasa tepat untuk mendapatkan hati dan pikiran yang tenang dan rileks. Biasanya, berlibur ke tempat yang sejuk, sepi, jauh dari keramaian, dipilih untuk tujuan tersebut.

Namun menurut para ahli gizi, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat hati bahagia dan menenangkan pikiran. Yaitu dengan menyeruput secangkir teh hangat. Para ahli percaya, teh mampu membuat hati yang sedang bersedih menjadi bahagia dan pikiran yang mumet menjadi lebih rileks.

Menurut Well + Good, ini 5 teh yang diracik khusus untuk membuat seseorang bahagia:

1. Teh Hijau

Saat merasa sedih, energi akan terkuras dan imunitas tubuh menjadi lemah. Pada saat itulah tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk menguatkan energi dan imunitas yang hilang.

Kandungan kafein dalam teh hijau atau matcha, yang berasal dari tanaman camellia sinensis, sangat baik untuk tubuh. Kafeinnya mampu menjaga imun kuat dan memperbaiki suasana hati yang sedih. Asam aminonya terbukti meningkatkan perasaan bahagia.

Dan menurut psikiatri Daniel Amen, teh hijau sering direkomendasikan untuk pasien dengan gangguan kecemasan atau orang yang merasa stres.

2. Teh Chamomile

Terbuat dari bunga chamomile, teh ini sudah sejak lama dipercaya sebagai ramuan ‘penenang’. Aroma dan rasa khas yang keluar dari seduhan teh chamomile mampu menenangkan sejak tegukan pertama.

Teh ini cocok untuk dikonsumsi ketika tubuh mulai kehabisan energi atau kehilangan fokus. Konsumsi teh chamomile secara rutin dapat mengatasi keluhan pada paru-paru, perut, pencernaan, hingga jantung.

Ahli pengobatan herbal Neka Pasquela mengatakan, teh ini sangat dipercaya oleh para ahli pengobatan herbal di negara-negara barat, China, hingga Ayuverda India, untuk dijadikan campuran sup ayam. Khasiatnya, bisa memulihkan tubuh yang sakit.

3. Teh Madu dan Lavender

Lavender memiliki efek menenangkan, meskipun hanya dengan menghirup aromanya. Bahkan warga Italia percaya, lavender ampuh untuk menangkal mimpi buruk. Campuran madu pada teh lavender, memberikan rasa manis dan membantu meredakan inflamasi. Racikan ini juga disebut cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur.

4. Teh Sereh

Sereh memiliki aroma yang khas, yang mampu merelaksasi penciuman hingga seluruh tubuh. Aromanya yang segar dan unik juga mampu melegakan pernapasan, sehingga mood akan lebih baik.

5. Teh Jahe

Tracy Lockwood-Beckerman, selaku ahli gizi, mengatakan bahwa jahe sudah terbukti sangat efektif untuk mengurangi inflamasi, kesulitan menelan, hingga sakit tenggorokan. Teh jahe selalu dimanfaatkan untuk mengatasi flu yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Konsumsi teh jahe dapat memperlancar aliran darah, sehingga hormon dan perasaan akan lebih mudah dikendalikan.

Jadi, ketika tidak ada banyak waktu untuk berlibur, kamu bisa menyeruput teh hangat, mulai dari teh jahe, teh lavender dan madu, teh sereh, teh chamomile, hingga teh hijau untuk mengembalikan mood yang sedang jungkir balik.




Menekan Bagian Tubuh Ini Diyakini Bisa Atasi Stres dan Sehatkan Mental

Sebelumnya

Jangan Takut, Ini Rekomendasi Diet Sehat dan Aman untuk Usia 40

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health