Teh Chamomile ampuh redakan sakit tenggorokan
Teh Chamomile ampuh redakan sakit tenggorokan
KOMENTAR

BELAKANGAN ini cuaca sedang tidak bersahabat. Risiko mengalami radang tenggorokan sangat besar, terutama pada anak-anak. Mencari obat cukup sulit, karena pemerintah sudah membatasi penggunaan obat-obatan.

Tidak perlu khawatir, sejumlah teh ini disebut mampu melegakan tenggorokan. Sebab, teh mengandung antioksidan yang dianggap bisa memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal infeksi.

1. Teh Chamomile

Teh ini dibuat dengan menyeduh bunga chamomile yang sudah dikeringkan. Manfaatnya tentu saja untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu memulihkan tubuh dari penyakit, serta membuat tubuh lebih rileks.

Yang Bunda butuhkan adalah 2 sendok teh bunga Chamomile kering, bunga lavender kering (opsopnal), dan 1 sendok teh madu. Kemudian, letakkan bunga chamomile dan lavender ke dalam wadah the, lalu isi wadah dengan air hangat. Tunggu selama 2 sampai 3 menit, kemudian saring dan beri madu. Sajikan selagi hangat.

2. Teh Mint

Senyawa antiinflamasi pada teh mint dapat meredakan sakit tenggorokan dan efektif mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Bahan yang dibutuhkan adalah 5-10 lembar daun mint, gula, dan lemon. Cara menyuguhkannya, cuci bersih dan sobek daun mint, letakkan ke dalam teko, kemudian tuangkan air mendidih. Diamkan selama 5-10 menit, lalu tambahkan gula dan lemon jika perlu.

3. Teh Akar Licorice (Akar Manis)

Secangkit the akar licorice dapat mengatasi sakit perut dan melegakan tenggorokan. Siapkan 2 ruas akar licorice dan 1 sendok teh madu atau gula. Potong-potong akar licorice dan masukkan dalam air mendidih. Tunggu 5 sampai 6 menit, barulah tambahkan madu atau gula.

4. Teh Hijau

Polifenol dalam teh hijau membantu meringankan rasa tidak nyaman ketika tenggorokan terasa sakit. Secangkir teh hijau hangat yang ditambahkan sesendok madu, juga bisa mengatasi flu. Untuk membuat teh hijau, siapkan 2 sendok teh bubuk teh hijau, 3 sendok makan jus lemon segar, 1 sendok teh madu, dan 5 cm kulit lemon. Cara membuatnya, masukan kulit lemon dan 2 sendok teh air mendidih ke dalam cangkir, tutup, dan biarkan selama 3 menit. Masukan bubuk teh hijau, sisa air panas, jus lemon, dan madu, lalu aduk rata. Sajikan selagi hangat.

5. Teh Jahe

Meredakan flu, batuk, dan melegakan tenggorokan. Siapkan 3 sendok teh daun teh hijau atau teh hitam, 55 gram jahe, dan 4 sendok teh madu. Lalu, rebus air Bersama jahe dan daun teh hijau/hitam di dalam panci dengan api sedang. Tunggu sampai air mendidih, lalu angkat dan saring teh. Kemudian tambahkan madu, aduk rata, dan sajikan selagi hangat.

Resep-resep ini bisa Bunda simpan dan dibuat jika ada anggota keluarga yang sedang mengalami masalah tenggorokan.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health