Dua sampai tiga cangkir per hari teh hijau hangat, sangat baik untuk kesehatan tubuh/Net
Dua sampai tiga cangkir per hari teh hijau hangat, sangat baik untuk kesehatan tubuh/Net
KOMENTAR

TEH hijau sudah dikenal luas sebagai salah satu minuman teh paling menyehatkan dan memberi manfaat positif untuk tubuh. Nutrisi dan antioksidan di dalamnya sangat membantu dalam merawat kesehatan, maupun tujuan lain seperti yang sedang menjalani diet.

Mengutip Healthline dan MedicalNewsToday, alasan penting minum teh hijau adalah mencegah kanker, mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke, dan menurunkan berat badan.

Walau begitu, perlu diperhatikan kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau dan cara meraciknya, agar lebih efektif manfaat yang dirasakan tubuh.

  • Seduhlah dengan air hangat, bukan air yang masih panas mendidih karena bisa merusak kandungan senyawa baik di dalamnya.
  • Minumlah 2-3 cangkir setiap harinya. Tapi, jangan sampai kelebihan karena bisa menyebabkan keracunan dan kerusakan pada hati. Dalam 1 cangkir teh hijau mengandung 120 sampai 320 miligram katekin dan 10 sampai 60 miligram kafein. Walau begitu, jumlah takaran porsi cangkir teh hijau tetap bergantung pada sistem metabolisme tubuh masing-masing.
  • Jangan minum teh hijau saat perut kosong. Teh hijau jauh lebih baik tidak diminum saat pencernaan masih benar-benar kosong. Sebab, perut yang kosong usai tidur seharusnya diberikan asupan makanan ringan unutk membuat proses pencernaan lebih siap. Minum teh hijau justru memberikan tendangan asupan antioksidan dan polifenol yang terlalu kuat, yang dapat mengganggu sistem pencernaan.
  • Tunggu 30-60 menit sesudah makan. Setelah perut yang kosong diisi makanan ringan, jangan langsung mengonsumsi teh hijau. Disarankan untuk menjedanya antara 30 hingga 60 menit. Sebab, kafein dan tannin dalam the hijau memiliki efek samping sebagai penghalang nutrisi dari bahan makanan yang baru kamu konsumsi. Teh hijau juga berperan sebagai pencahar alami.
  • Hindari minum teh hijau sebelum tidur. Kandungan kafein dalam teh hijau bisa membuat kamu susah tidur. Jadi lebih baik minum teh hijau 30 menit setelah waktu makan malam dan sekitar 2 jam sebelum waktu tidur.
  • Jangan diberikan gula atau pemanis buatan. Baik itu madu, gula, krim atau pemanis buatan lainnya, bisa merusak manfaat teh hijau. Jadi alangkah baiknya untuk mengonsumsi teh hijau biasa saja, tanpa pemanis tambahan.

Nah, itulah waktu terbaik mengonsumsi teh hijau, sehingga kamu bisa merasakan manfaat kesehatannya bagi tubuh.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health