post image
Machboos, salah satu kuliner khas Qatar yang wajib dinikmati/Net
KOMENTAR

HARI ini, perhelatan akbar Piala Dunia 2022 akan digelar hingga 18 Desember mendatang. Tidak perlu jauh-jauh datang ke Qatar, sejumlah saluran televisi nasional ikut menayangkan sejarah persepakbolaan dunia ini.

Agar semakin asyik nonton Piala Dunia 2022 dari rumah saja, perlu kiranya menyiapkan berbagai pernak-pernik khas Qatar. Atau untuk menemani nonton sepakbola, perlu kiranya menyiapkan makanan khas dari negara tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut.

Saloona dan Ghuzi

Mengutip The Culture Trip, Saloona adalah hidangan yang terbuat dari kaldu daging atau sayuran pedas. Biasanya berisi tomat, terong, wortel, dan kentang. Saloona bisa dimakan sendiri atau dengan nasi.

Sementara Ghuzi, merupakan hidangan domba panggang utuh. Ini disajikan di atas hamparan nasi, sayuran, dan kacang, sehingga kaya akan rasa. Hidangan Ghazi menjadi salah satu hidangan mewah di Qatar.

Machboos

Dikenal juga dengan Kabsa, yaitu salah satu makanan paling popular yang seringkali dihidangkan di rumah orang-orang Qatar. Makanan ini pada dasarnya nasi yang dimasak dengan bumbu lezat dan segala daging sapi, ayam, domba, udang, unta, atau ikan. Machboo terlihat lebih mirip dengan biryani.

Madhruba

Madhruba dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai bubur kocok. Madhruba menjadi menu favorit saat Ramadan. Madhruba merupakan kombinasi nasi, susu, mentega, dan kapulaga yang dimasak bersama hingga menjadi lembek. Ayam dan jenis daging lainnya direbus bersama kacang tumbuk.

Luqaimat

Sama dengan Madhruba, Luqaimat merupakan menu khusus yang disajikan saat Ramadan. Luqaimat disajikan sebagai hidangan penutup saat makan malam. Luqaimat merupakan menu makanan yang dibuat dari campuran mentega, susu, tepung, gula, kunyit, dan kapulaga.

Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat pangsit kecil, yang kemudian digoreng dan dicelupkan ke dalam sirup gula atau madu, untuk menambak rasa manis. Teksturnya lembut di dalam dan renyah di luar.

Harees

Nama lainnya adalah Harissa, merupakan kuliner Qatar yang pada dasarnya direbus, dipecah, atau gandum yang ditumbuk kasar dicampur dengan daging. Konsistensi bervariasi antara bubur dan pangsit. Harees juga dianggap baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya.

Nah, itu sekilas tentang menu popular yang ada di Qatar. Kira-kira, Sahabat Farah mau mencoba yang mana, nih?




Drama Musikal Frozen Siap Digelar di Singapura, Yuk Kejar Tiketnya!

Sebelumnya

Selamat Hari Guru, Jadilah Penerang Pendidikan yang Tak Pernah Padam

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon