Bersepeda menjadi olahraga ringan yang aman dilakukan saat menstruasi/Net
Bersepeda menjadi olahraga ringan yang aman dilakukan saat menstruasi/Net
KOMENTAR

OLAHRAGA memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Akan tetapi, olahraga juga bisa terasa sedikit menyakitkan, jika dibarengi ketika menstruasi tiba.

Saat menstruasi, kebanyakan perempuan akan mengalami rasa nyeri, khususnya di bagian pinggang, perut, hingga sakit kepala. Meskipun demikian, berolahraga tetap bisa dilakukan.

Namun, kamu perlu memilih olahraga yang tepat ketika datang bulan. Nah, olahraga apa saja yang baik dan tidak baik dilakukan saat menstruasi?

Olahraga Saat Menstruasi

Olahraga selama 30 menit dan dilakuan 3 hari berturut-turut ketika menstruasi, dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi. Rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan adalah:

1. Jalan kaki

Meskipun olahraga ini terbilang sederhana, namun tidak boleh dianggap remeh. Berjalan kaki mampu membakar banyak kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan, hingga mampu meningkatkan mood.

2. Yoga

Yoga dapat membantu mengatasi mood swing dan mengurangi rasa nyeri karena datang bulan. Namun ada beberapa gerakan Yoga yang sebaiknya tidak dilakukan, yaitu head stand dan berbagai gerakan yang memosisikan kaki berada di atas kepala. Gerakan-gerakan itu memicu tersumbatnya pembuluh darah di rahim, sehingga dapat menyebabkan gangguan reproduksi.

3. Bersepeda

Bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh kamu. Rasa nyeri haid bisa berkurang, asalkan tidak terlalu kencang mengayuh sepeda.

4. Kardio

Kardio bagus untuk metabolisme tubuh, hingga melancarkan aliran darah. Para perempuan biasanya juga banyak menggemari jenis olahraga satu ini karena diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.

Olahraga yang Tidak Disarankan

Ada baiknya tidak melakukan olahraga berat seperti lompat tali, Muay Thai, basket, atau sepakbola, karena dapat menyebabkan cedera. Jangan pula melakukan olahraga renang, karena rentan mengalami kram perut.

Begitu pula dengan angkat beban yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah di perut. Olahraga dengan durasi yang lama juga sangat tidak disarankan, karena akan membuat tubuh banyak kekurangan cairan.

Pada dasarnya, seluruh aktivitas fisik baik untuk dilakukan saat menstruasi. Namun, tetap patuhi apa olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menstruasi, agar kesehatan tetap terjaga.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health