KOMENTAR

BEGADANG jangan begadang, penggalan lirik lagu Rhoma Irama itu memang menggambarkan berbahayanya jika kita kurang istirahat di malam hari.

Secara alamiah, tubuh memiliki ritme normal untuk beraktivitas sejak pagi hari. Dan di malam hari, itulah waktu tubuh untuk beristirahat sekaligus mengumpulkan energi untuk kesibukan esok hari.

Sebagian orang terpaksa begadang demi mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah. Namun sebagian lain begadang hanya untuk menjalankan hobi seperti asyik bermain game, atau pergi hangout untuk bersenang-senang hingga dini hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah bahaya akibat kurang istirahat di malam hari bagi kesehatan kita.

Sulit konsentrasi. Sudah pasti, kurangnya jam istirahat bakal membuat kita sulit fokus saat beraktivitas di pagi hari. Jika kondisi ini terus-menerus terjadi, bisa membuat kita mengalami penurunan daya ingat. Dan kelelahan yang kita rasakan juga bisa menyebabkan rentan terjadi kecelakaan saat bepergian.

Gula darah naik. Kurangnya waktu istirahat ditambah lagi jadwal tidur yang tidak teratur tentu menyebabkan kita lelah. Tubuh yang lelah dan stres dapat berkontribusi pada naiknya kadar gula darah. Dan jika gula darah naik, dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Obesitas. Begadang di malam hari seringkali membuat perut lapar. Banyak orang memilih makanan dan minuman manis untuk mengisi perut. Jika sepulang aktivitas malam kita langsung tidur, terbayang berapa banyak tumpukan lemak yang mengendap di tubuh kita.

Depresi. Manusia 'burung hantu' yang gemar berkegiatan di malam hari rentan mengalami depresi akibat kurang jam tidur maupun jadwal tidur yang acak-acakan.

Penyakit jantung. Gaya hidup 'terbalik' yang mengubah pola tidur akibat aktivitas sosial di malam hari ternyata bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan perubahan jam tidur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 11 persen.

Masih ingin begadang tiap malam?




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health