Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENGANTUK di tempat kerja, terutama pada siang hari, bisa terjadi pada siapa saja. Ada berbagai hal yang menyebabkan hal itu terjadi, misalnya kebiasaan tidur yang buruk, kelelahan, jadwal kerja yang tidak teratur, dan jet lag.

Atau juga karena apne, gangguan tidur, narkolepsi, atau efek samping obat-obatan, misalnya antihistamin dan obat penenang.

Biasanya, untuk membuat badan dan mata tetap segar tanpa kantuk saat bekerja di siang hari, yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Berdiri dan lakukan stretching

Jenuh juga rasanya melakukan pekerjaan yang monoton, tentunya bisa memicu bosan dan rasa kantuk. Kamu bisa coba untuk berdiri sejenak, kemudian lakukan stretching atau berjalan kaki sejenak. Kegiatan ini bisa merangsang aktivitas otak dan membuat rasa kantuk berkurang.

  • Minum air putih

Coba berhenti sebentar dan minum air putih. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan kelelahan dan membuat ngantuk.

  • Alihkan pandangan mata dari layar

Mungkin kamu terlalu menatap layar komputer atau laptop. Karena itu, coba untuk mengalihkan pandangan. Lihat sekeliling secara berkala agar mata menjadi rileks dan mengatasi rasa kantuk.

  • Nyemil

Mengonsumsi camilan seperti yoghurt atau kacang, dipercaya dapat meningkatkan energi dalam rubuh dan mengatasi rasa kantuk di tempat kerja.

Kualitas tidur di malam hari juga sangat memengaruhi rasa kantuk di siang hari. Untuk itu, cobalah tidur lebih nyenyak dengan cara ciptakan suasana kamar yang nyaman.

Lalu, jauhkan perangkat elektronik sebelum tidur, lakukan olahraga rutin, perhatikan asupan makanan dan minuman sebelum tidur. Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin.

Dianjurkan pula untuk bangun dan tidur di waktu yang sama, termasuk di akhir pekan. Hindari pula penggunaan obat tidur atau penenang tanpa konsultasi dokter.




Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Sebelumnya

Vitiligo Bukan Untuk Dijauhi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health