Ilustrasi orang mengantuk setelah makan. (Unsplash)
Ilustrasi orang mengantuk setelah makan. (Unsplash)
KOMENTAR

RASA kantuk bisa dialami oleh siapa saja, baik setelah menjalani aktivitas seharian yang panjang maupun setelah mengonsumsi makanan.

Pernahkah kamu merasa mengantuk sehabis makan? Terutama setelah makan siang atau makan besar, ketika tubuh mulai mencerna makanan, energi yang dialihkan untuk proses ini dapat menyebabkan perasaan lelah dan mengantuk.

Hal ini lebih sering terjadi setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, yang memicu peningkatan kadar insulin dan menghasilkan serotonin serta melatonin yang menimbulkan rasa kantuk.

Meskipun hal ini  tidak berbahaya, kondisi ini dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Karena itulah penting untuk memahami penyebab datangnya kantuk agar kamu dapat mengatasinya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamu mengantuk setelah makan.

Pola Tidur

Jika kamu sering tidur tidak teratur, ini bisa menjadi salah satu penyebab mengantuk setelah makan. Kegiatan pasca setelah makan membuat perut terasa penuh sehingga meningkatkan keinginan  untuk tidur, terutama jika tidurmu kurang. Cobalah untuk memperbaiki pola tidur yang baik  membantu kamu untuk terhindar dari rasa mengantuk.

Jumlah Porsi Makan

Saat kamu makan terlalu banyak dalam jumlah berlebihan, tubuh perlu bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi. Hal itu menyebabkan peningkatan aliran darah ke perut dan berkurangnya suplai darah ke otak. Ini dapat membuatmu merasa sangat lelah setelah makan memungkinkan kamu ingin tidur.

Proses Pencernaan dan Hormon Otak

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula dapat memicu peningkatan kadar insulin yang kemudian menghasilkan serotonin dan melatonin di otak, dua hormon yang berkaitan dengan rasa kantuk. Hal ini menyebabkan perasaan lelah setelah makan besar atau makanan yang berat.

Memiliki Masalah Kesehatan Tertentu

Ngantuk setelah makan bisa menandakan adanya penyakit tertentu atau kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti penyakit anemia, diabetes, atau gangguan tiroid. Kondisi-kondisi ini mempengaruhi metabolisme tubuh.

Dengan memperhatikan pola makan, jenis makanan, dan gaya hidup, kamu bisa mengurangi dapat mengurangi rasa ngantuk setelah makan dan meningkatkan produktivitas setiap hari.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health