Konferensi pers pembukaan Festival Jajanan Bango 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta/Dok Unilever
Konferensi pers pembukaan Festival Jajanan Bango 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta/Dok Unilever
KOMENTAR

SETELAH dua tahun digelar secara virtual, Festival Jajanan Bango (FJB) kembali hadir secara offline di Jakarta. Dengan tema Kenali Rasanya Indonesia, FJB digelar di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan, 28 hingga 30 Oktober 2022.

Indonesia memiliki 3.259 ragam kuliner autentik. Sayangnya, belum semua kuliner tersebut diketahui masyarakat luas. Dan festival makanan ini akan menghadirkan 90 penjaja kuliner legendaris asal Indonesia.

Sekadar informasi, nasi goreng, soto, dan sate, memiliki ratusan jenis yang belum diketahui masyarakat. Ada 104 jenis nasi goreng, 252 sate, dan lebih dari 100 varian soto, bahkan 322 macam sambal.

“Pengetahuan seperti inilah yang perlu disebarluaskan, agar kita bisa mengenali, mengapresiasi, dan akhirnya melestarikan ragam cita rasa dan bahan autentik, kearifan lokal, hingga perpaduan budaya yang menyatu di dalam kekayaan kuliner kita,” ujar William Wongso.

Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk Amaryllis Esti Wijono mengatakan, perhelatan ini menjadi upaya untuk melestarikan kuliner Indonesia. Dan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, brand ini mengajak seluruh masyarakat untuk mengenali, merayakan, serta melestarikan kelezatan kuliner khas nusantara.

Terdapat puluhan tenant makanan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, yang bisa kamu kunjungi. Sepuluh di antaranya merupakan penjaja kuliner yang dipilih langsung oleh masyarkat melalui Gerakan #PejuangRasanyaIndonesia dan 3 penjaja kuliner rekanan Tokopedia selaku mitra FJB 2022.

Festival ini tidak dipungut biaya masuk, alias gratis. Di sana kamu bisa merasakan beragam pilihan kuliner khas Indonesia, mulai dari camilan, makanan berat, hingga makanan penutup.

Festival kuliner yang berlangsung sejak 2005 ini menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Penyelenggarannya sebagai bentuk inisiatif dalam membangkitkan rasa ingin tahu dan bangga kuliner lokal.

FJB 2022 semakin menarik dengan suguhan musik bernuansa tradisional, demo masak dan acara lainnya. Festival ini berlangsung hingga Minggu, 30 Oktober 2022, dan buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.




IFPC 2024 Munculkan Pemenang Baru, Usung Ecoprint Jadi Bagian Penting Fesyen Keberlanjutan

Sebelumnya

Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E