KOMENTAR

SARAPAN sebelum memulai aktivitas di pagi hari akan memberi energi sehingga kita mampu menjalankan kesibukan dengan penuh stamina.

Di Indonesia, ada sejumlah makanan yang dijadikan sarapan dan menjadi favorit banyak orang.

Berikut ini lima menu sarapan khas warga +62 yang seringkali menimbulkan kerinduan jika kita sudah lama tidak menyantapnya.

Nasi Goreng

Pada dasarnya menu ini bisa disajikan kapan saja. Namun di rumah, ibu biasa menyajikannya sebagai sarapan pagi keluarga. Nasi goreng memiliki banyak variasi menggunakan sayuran serta suwiran ayam atau udang. Tidak ketinggalan telur dadar atau telur mata sapi serta irisan ketimun dan tomat sebagai pelengkap.

Saking populernya nasi goreng, hampir semua hotel menyiapkan menu ini sebagai pilihan sarapan pagi para tamu.

Bubur

Bubur merupakan salah satu menu sarapan yang cukup populer di Indonesia. Peminatnya hampir berasal dari semua kalangan usia. Di Jakarta bubur disajikan lengkap dengan suwiran daging ayam, cakwe, bawang goreng, kacang kedelai, kecap, daun bawang dan seledri serta diberi kuah kuning dan sambal. Tidak lupa disediakan pula sate ati ayam, usus dan telur puyuh.

Sedangkan di daerah Jawa Barat, bubur biasanya tidak diberi kuah kuning, namun dimasak menggunakan kaldu ayam kampung. Tak heran bila buburnya saja sudah terasa gurih dan sedap.

Di daerah Kalimantan, ada Bubur Pedas yang berasal dari beras yang disangrai, lalu dimasak dengan berbagai rempah dan dedaunan (khasnya adalah daun Kesum) dilengkapi taburan teri goreng.

Sementara di daerah Sulawesi, bubur yang terkenal adalah Bubur Manado Tinutuan. Yaitu bubur yang dimasak dengan berbagai umbi seperti ubi, singkong dan sayur-sayuran. Bubur Manado tersebut dimakan dengan ikan asin dan sambal.

Nasi Uduk

Menu ini sangat populer di daerah Jakarta dan sekitarnya, biasa kita kenal dengan nama Nasi Uduk Betawi. Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan beberapa bumbu dapur seperti sereh dan daun salam, yang membuat nasi terasa gurih.

Sebagai menu sarapan pagi, nasi uduk biasa disajikan dengan tempe orek, bihun, semur tahu, kerupuk merah, serta sambal kacang. Ada juga yang menambahkan semur jengkol, telur balado, dan bermacam gorengan. 

Nasi Kuning

Menu ini mirip dengan nasi uduk, hanya saja nasinya berwarna kuning karena ada tambahan kunyit pada bumbunya. Menu ini biasa disajikan dengan suwiran telur dadar, tempe orek, bihun goreng, kering kentang dan ketimun serta kerupuk. Ada juga yang menambahkan abon dan telur balado atau lauk lainnya.

Di daerah Pontianak, nasi kuning ini disajikan dengan taburan teri dan kacang sebagai tambahannya.

Ketupat/Lontong Sayur

Ketupat/lontong sayur di wilayah Jakarta umumnya disajikan dengan sayur godog pepaya atau labu yang di dalamnya berisi telur rebus dan tahu serta kerupuk merah.

Sedangkan ketupat/lontong sayur Padang biasanya disajikan dengan sayur nangka muda yang dimasak mirip gulai.

Berbeda halnya dengan Lontong Medan, selain menggunakan sayur nangka muda, menu ini juga ditambahkan sayur tauco udang dan kripik kentang kering dan rendang atau sambal goreng ati sebagai pelengkap.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon