KOMENTAR

PISANG adalah buah yang mengandung karbohidrat rendah gula dan serat yang tinggi yang mampu membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Buah ini dapat dikonsumsi kapan dan di mana saja karena cara mengupas dan memakannya sangat mudah. Pisang juga dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan dan usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Selain mengandung karbohidrat, di dalam Pisang juga terdapat pektin yang mampu menekan rasa lapar hingga buah ini cocok dijadikan makanan untuk diet.

Berikut ini adalah beberapa jenis pisang yang cocok dijadikan menu diet, antara lain:

Pisang Cavendish

Pisang Cavendish berwarna kuning terang, dengan rasa yang lembut dan manis. Bentuknya panjang agak sedikit lonjong serta ramping. Pisang ini mengandung karbohidrat yang tinggi seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa namun kadar kalorinya rendah, hanya sekitar 90 kalori per 100 gram pisang. Jenis ini cocok dikonsumsi saat diet tanpa membuat kita lemas.

Pisang Ambon

Pisang ini rasanya manis, mirip Pisang Cavendish. Buahnya berwarna kuning bercampur hijau dan berukuran sedang. Kadar kalorinya pun cukup rendah. Dalam 100 gram pisang hanya terkandung 97 kalori.

Pisang Emas

Pisang Emas berbentuk kecil-kecil dengan warna kuning terang. Rasa Pisangnya khas dan memiliki nutrisi yang tinggi seperti karbohidrat, vitamin A, B12, serta mineral. Kadar kalori pisang ini sama dengan Pisang Cavendish yaitu sekitar 90 kalori per 100 gram.

Pisang Kepok

Pisang ini memiliki bentuk pendek dan sedikit bulat, dengan warna kuning yang tidak mencolok. Buah ini sering dijadikan aneka kudapan seperti pisang rebus atau kukus. Kadar kalorinya sekitar 104 kalori per 100 gram.

Pisang Raja

Pisang ini berwarna kuning agak pekat, berkulit agak tebal dengan daging buah berukuran sedang namun padat. Pisang dengan rasa manis ini kadar kalorinya sekitar 115 dalam 100 gram pisang.  Dijamin akan menunda rasa lapar dalam waktu yang cukup lama.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health