Tensi tinggi biasanya menunjukkan ada masalah kesehatan yang sedang dialami oleh calon penerima vaksin/ Net
Tensi tinggi biasanya menunjukkan ada masalah kesehatan yang sedang dialami oleh calon penerima vaksin/ Net
KOMENTAR

SALAH satu penyebab gagalnya proses vaksinasi Covid-19 adalah tekanan darah atau tensi yang tinggi. Tensi tinggi biasanya menunjukkan ada masalah kesehatan yang sedang dialami oleh calon penerima vaksin.

Untuk lolos tahap awal pemeriksaan kesehatan, tekanan darah tidak lebih dari 180/100 mmHg. Jika melebih, vaksinasi terpaksa ditunda hingga angka tekanan darahnya normal (120/80 mmHg).

Sebenarnya, ada 7 cara mudah membuat tekanan darah menjadi normal dan kamu bisa segera divaksinasi.

1. Olahraga teratur
Olahraga teratur tidak hanya menyehatkan badan, tetapi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Cukup olahraga ringan selama 150 menit, misalnya jalan kaki setiap minggu, dapat membuat jantung kuat dan efisien memompa darah sehingga menurunkan tekanan darah di arteri.

2. Kurangi asupan garam
Garam seringkali dihubungkan dengan tekanan darah. Asupan garam yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan stroke. Karenanya, orang yang memiliki penyakit hipertensi disarankan mengurangi asupan garam. Caranya, bisa mengganti makanan olahan dengan makanan segar dan memakai rempah-rempah lain sebagai pengganti garam.

3. Konsumsi banyak kalium
Konsumsi banyak kalium terbukti membantu membuang natrium dari tubuh dan mengurangi tekanan darah. Rajinlah mengonsumsi makanan segar seperti sayur, buah, produk susu, ikan tuna, ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Mengelola stres
Sttres erat sekali hubungannya dengan tekanan darah yang tinggi. Ketika stres, tubuh berada dalam mode fight or flight, yang ditandai dengan detak jantung yang lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Karenanya, disarankan untuk dapat mengelola stres sebelum jadwal vaksinasi Covid-19 dimulai.

5. Mengonsumsi dark chocolate
Cokelat hitam mengandung banyak flavanoid, yaitu senyawa tumbuhan yang membantu pembuluh darah melebar. Dengan pelebaran pembuluh darah, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan tekanan darah pun stabil. Hal ini sudah ditinjau oleh sebuah penelitian, bahwa flavanoid yang terkandung dalam dark chocolate mampu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Membatasi asupan gula
Sebuah penelitian menyebutkan, wanita yang mengonsumsi satu botol soda per hari memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan yang jarang mengonsumsi soda. Soda tinggi akan gula. Oleh karena itu, kurangi konsumsi soda untuk mendapatkan tekanan darah yang stabil.

7. Konsumsi kalsium
Selain kalium, asupan makanan tinggi kalsium juga mampu menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium bisa diperoleh dari susu, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, ikan sarden dan tahu.

Jadi, perhatikan asupan makanan dan rutin berolahraga, paling tidak satu minggu sebelum jadwal vaksinasi Covid-19 dilakukan. Dengan begitu, tubuh menjadi bugar dan sehat, tekanan darah pun menjadi stabil.

 




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health