Ilustrasi suntik vaksin/ Net
Ilustrasi suntik vaksin/ Net
KOMENTAR

BERAGAM cerita dari teman yang sudah melaksanakan vaksinasi. Ada yang mengatakan biasa saja, namun tak sedikit pula yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Mulai dari pegal-pegal di bagian yang disuntik, rasa mual, pusing, bahkan demam.

Vaksinasi Covid-19 sekarang ini sudah menjadi kewajiban, utamanya buat mereka yang rentan terinfeksi. Tapi, ketakutan akan KIPI yang berlebih membuat muncul ketakutan dan keragu-raguan.

Inginnya sih usai vaksin tidak ada reaksi berlebih, biasa-biasa saja dan sehat-sehat saja.

Berikut ini 4 cara menjaga imunitas tubuh agar pasca imunisasi tidak ada reaksi berlebih dari tubuh kita.

1. Tetap terhidrasi
Beberapa hari sebelum jadwal imunisasi dimulai, sebaiknya jaga tubuh untuk tetap terhidrasi. Paling tidak, dalam satu hari konsumsi 2 liter cairan yang berasal dari air kelapa atau buah yang tinggi kandungan airnya, seperti semangka. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih.

2. Istirahat yang cukup
Stop dulu begadang atau tidur malam untuk beberapa hari sebelum imunisasi. Tidur secara rutin, selama 6 hingga 8 jam. Hindari mengonsumsi kopi untuk kualitas tidur yang baik.

Dan jangan olahraga yang berlebih, secukupnya saja.

3. Hindari memasak sayuran terlalu lama
Memasak sayuran terlalu lama atau matang justru akan menghilangkan vitamin, mineral, atau nutrisi dari makanan tersebut. Saat imunisasi dibutuhkan tubuh yang sehat, yang ternutrisi dengan baik.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat membuat tubuh dehidrasi
Walaupun saat hendak diimunisasi tubuh harus fit dan bugar, bukan berarti semua makanan bisa dikonsumsi. Ada beberapa yang justru membuat tubuh menjadi mudah dehidrasi. Seperti alkohol, makanan yang terlalu tinggi garam/natriumnya, kebanyakan kafein, ataupun junk food.

Beberapa orang yang sudah divaksinasi biasanya akan merasakan lapar yang berlebih. Tak mengapa, kondisi itu wajar. Makan saja, namun jangan terlalu banyak dan hindari makanan yang dapat menambah berat badan.

Pilih makanan yang mendukung kesehatan, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Jadi, siapkan makanan sehat di rumah untuk dikonsumsi setelah imunisasi, ya!

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health