Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MELIHAT bayi baru lahir, tentunya tidak afdol jika tidak menciumnya, ya bunda. Rasa gemas melihat kemolekan si bayi, mengalahkan segalanya.

Tapi tahu tidak bunda, ciuman sembarangan pada bayi bisa berakibat fatal, loh. Apalagi jika usia bayi belum 3 bulan, karena imunitasnya masih sangat rendah.

Akibatnya, bayi sangat rentan tertular bahkan terinfeksi penyakit akibat bakteri maupun virus. Tubuhnya yang tidak bisa melawan bisa jadi timbulkan masalah serius hingga mengancam nyawanya.

Berikut ini 6 bahaya yang mengintai bayi akibat asal cium dari orang-orang dewasa:

1. Flu, batuk, dan pilek

Perlu bunda ketahui, saat menciumi si kecil, kuman seperti batuk, flu, dan pilek ikut beepindaj dari mulut Bunda ke pipi atau bibirnya. Kuman bisa segera masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan tertular penyakit.

Jadi, disarankan agar bunda atau pengasuh memakai masker jika sedang flu. Ini berguna mengurangi risiko sakit karena virus flu sangat mudah menyebar lewat udara.

2. Infeksi paru

Kebiasaan mencium si kecil berpotensi menyebabkan terkena penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD), yaitu sekelompok penyakit infeksi pneumokokus seperti radang paru (pneumonia), infeksi darah (bakteremia), dan radang selaput otak (meningitis).

Penyakit ini termasuk penyebab kematian tertinggi dan 50 persen penyebab kecacatan pada balita. Banyak kasus ditemukan pada anak di bawah usia 5 tahun.

Bayi yang lahir prematur, tidak mendapatkan ASI, tinggal di tingkat polusi, lingkungan asap rokok, serta tempat hunian padat termasuk di sekolah dan mal, juga berisiko tinggi terpapar penyakit ini.

3. Ancaman Radang Otak

Salah satu bibit penyakit menular yang dibawa oleh orang yang terlihat sehat tapi ternyata menyimpan penyakit (karier) adalah radang selaput otak atau meningitis. Virus ini bisa menular melalui air liur.

Gejala awalnya biasa ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, mual, dan muntah.

Untuk itu, bunda tak perlu segan dan tak enak hati menolak tamu yang hendak mencium si kecil.

4. Terkena penyakit cytomegalovirus (CMV)

Penyakit ini merupakan salah satu bentuk virus yang menyerupai herpes. Penderita biasanya mengalami gejala menyerupai flu dan beberapa bahkan tak bergejala.

Virus ini juga menyebar melalui air liur. Jadi si kecil yang dicium penderita kemungkinan besar tertular. Penyakit ini berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa.

5. Rawan demam, radang tenggorokan dan lemah fisik

Bila bayi mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, tampak lelah dan letih, bisa jadi ia tertular penyakit yang disebar usai bunda menciumnya.

Ingat, imunitas si kecil belum berkembang baik, jadi mereka mudah terserang penyakit dan menyebabkan sakit. Jadi, kalau sudah ada gejala sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter agar tak berkepanjangan.

6. Terserang virus herpes

Infeksi menular seksual bisa ditularkan lewat ciuman. Virus ini bisa bersarang di tubuh seseorang seumur hidup.

Jadi lebih baik mencegah dan menolak halus setiap tamu yang akan menciumnya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health