Toilet transparan yang jadi daya tarik baru di Sibuya, Tokyo/CNN
Toilet transparan yang jadi daya tarik baru di Sibuya, Tokyo/CNN
KOMENTAR

IBUKOTA Jepang, Tokyo tampaknya enggan berhenti berinovasi meski di tengah pandemik virus corona atau Covid-19.

Baru-baru ini, salah satu distrik yang populer di Tokyo menambahkan sejumlah daya tarik baru yang tidak biasa dan mengundang perhatian, yakni toilet umum transparan.

Toilet umum transparan ini didesain oleh Shigeru Ban Architects, yakni sebuah firma arsitektur pemenang Penghargaan Pritzker. Mereka membuat dua set box toilet umum tembus pandang yang dipasang di dua taman di wilayah Shibuya, yakni di Taman Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa.

Seperti namanya, toilet ini dibuat di dalam box yang transparan alias tembus pandang. Orang-orang yang melintas bisa dengan mudah melihat ke dalam toilet tersebut.

Namun, jangan dulu berpikir negatif, karena meskipun transparan, jika ada orang yang masuk ke dalam toilet tersebut dan mengunci pintunya, maka secara otomatis, toilet akan menjadi buram sehingga orang di luar tidak bisa lagi melihat ke dalam toilet. Dengan demikian, pengunjung bisa menggunakan toilet umum itu dengan nyaman tanpa harus measa risih dengan dinding yang transaparan.

Pembuat toilet tersebut menyebut bahwa karya mereka itu sebenarnya merupakan bagian dari proyek inovatif yang bertujuan untuk mengubah persepsi orang tentang toilet umum.

"Ada dua hal yang kami khawatirkan saat memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman," kata pernyataan di situs resmi proyek, Tokyotoilet.jp.

"Yang pertama adalah kebersihan, dan yang kedua adalah apakah ada orang di dalam," sambung pernyataan yang sama.

Mereka menilai bahwa dengan desain toilet transparan itu, publik bisa mengatasi dua kekhawatiran itu. Karena mereka bisa melihat dari luar apakah toilet tersebut ada orang atau tidak. Selain itu, mereka juga bisa melihat dari luar apakah toilet tersebut bersih atau tidak.

"Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada yang menggunakan toilet dari luar," kata pernyataan itu.

"Di malam hari, fasilitas (toilet transparan) menerangi taman seperti lentera yang indah," tambah pernyataan itu, seperti dikabarkan CNN.




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News