post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BICARA tentang pandemi covid-19 seperti tidak ada habisnya. Banyak sekali sosialisasi baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas lagi.

Penerapan pola hidup sehat terus ditekankan. Salah satunya penggunaan masker di setiap kegiatan dan selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah memegang sesuatu.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda rentan terinfeksi. Kurang-kurang perhatian, justru Anda dapat menjadi target Covid selanjutnya.

1. Kontak dengan benda yang sering tersentuh banyak tangan

Virus corona dapat bertahan hidup hingga 3 hari pada permukaan benda. Ini artinya, virus tersebut dapat berpindah dan menemukan inang baru apabila orang lain menyentuh benda yang sudah terkena virus tersebut. Segeralah bersihkan (cuci atau semprot dengan spray anti bakteri dan virus) benda-benda yang Anda rasa sudah tersentuh banyak tangan, lalu segera cuci tangan Anda dengan sabun.

2. Abai menjaga kebersihan tangan

Telah diketahui dan terbukti secara medis, tangan merupakan sumber berbagai penyakit. Karena, tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak melakukan aktivitas dan interaksi dengan orang lain. Jadi jika tangan tidak terjaga kebersihannya, bukan tidak mungkin Anda mudah terinfeksi.Cuci tangan Anda selama minimal 20 detik dengan sabun di bawah air mengalir.

3. Tidak langsung membersihkan badan setelah bepergian

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), orang menjadi sedikit leluasa beraktifitas di luar rumah. Bukan tidak mungkin jika kemudian virus corona menempel pada pakaian maupun benda yang Anda kenakan. Apabila setibanya di rumah Anda tidak sesegera mungkin melepas semua pakaian yang dikenakan dan membersihkan diri (mandi), bisa saja Anda menjadi penular Covid bagi keluarga di rumah.

4. Batuk dan bersin tanpa etika

Cara termudah penularan virus corona adalah melalui droplets. Percikan air liur tersebut terjadi ketika seseorang bersin, batuk, ataupun berbicara. Percikan kuman ini lalu menempel pada benda-benda atau bahkan terhirup langsung dan masuk ke saluran pernapasan. Karenanya, beretika dengan baiklah ketika bersin, batuk, maupun berbicara. Tutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam atau tisu. Segera lepas dan cuci pakaian atau buang tisu pada tempatnya, kemudian cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

5. Sering berinteraksi dengan banyak orang (berkerumun)

Berada di luar rumah sama artinya berinteraksi dengan banyak orang. Di sinilah penyebaran paling cepat terjadi. Virus menempel di pakaian maupun benda lain yang dengan cepat berpindah tempat ketika pakaian maupun benda itu menempel di orang lain.

6. Tak mengisolasi mandiri setelah kembali dari wilayah pandemi

Ini seringkali terjadi dan menjadi penyesalan. Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah Anda pergi ke wilayah pandemi, wilayah berzona merah.

7. Kurang mencari informasi tentang virus corona

Edukasi diri kita mengenai virus corona merupakan hal bijak yang dilakukan untuk meminimalisir penularan virus.

Jadi, tetaplah berperilaku hidup sehat. Kenakan masker kemanapun Anda pergi, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum maupun sesudah menggunakan atau menyentuhbenda-benda, dan segera mandi setelah Anda pulang ke rumah.

 

Close X

Satu Dari Sembilan Kasus Covid-19 Terkonfirmasi Di Indonesia Adalah Anak-Anak

Sebelumnya

Perhatikan, Orang-Orang Dengan Kriteria Ini Wajib Tes SWAB!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health