Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

DEMAM Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang saat ini juga tengah mewabah. Korban gigitan nyamuk aides aegypti ini jumlahnya pun sudah ribuan, bahkan angka pasien meninggal dunia seolah bersaing dengan penderita covid-19.

Ada satu hal dari DBD yang tidak diketahui banyak orang. Yaitu, demam Berdarah ini bisa kambuh. Maksudnya, pasien yang telah dinyatakan sembuh bisa kembali menderita demam berdarah.

Faktanya, kondisi daya tahan tubuh yang menurun dan tingginya tingkat paparan di suatu tempat dengan epidemiologi DBD, merupakan faktor risiko seseorang kembali terkena virus DBD.

Umumnya, seseorang yang sudah terserang DBD memiliki tingkat toleransi yang lebih baik dibanding mereka yang belum terjangkit. Alasannya, tubuh secara alami akan memproduksi antibodi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan virus tersebut di kemudian hari apabila kembali terpapar.

Tapi sayangnya, virus Dengue cukup unik. Mereka terbagi menjadi 4 serotypes (jenis), yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Inilah mengapa pasien DBD bisa kambuh lagi.

Parahnya lagi, jika kembali menyerang, gejala yang dialami pasien bisa jauh lebih hebat dari sebelumnya lantaran sistem imun akan bereaksi secara berlebihan. Bahkan, risiko kematiannya lebih tinggi dibandingkan infeksi sebelumnya.

Karenanya, pasien yang telah dinyatakan sembuh harus memperhatikan masa pemulihan. Yaitu masa di mana tubuh mengganti atau meningkatkan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, pasien DBD akan lebih mudah kehilangan cairan karena mengalami muntah dan diare.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar DBD tidak berulang?

1.Jaga asupan makanan
Konsumsi makanan yang mudah dicerna tapi kaya akan nutrisi. Contohnya bubur, bayan, daging merah, air kelapa, dan jus jambu biji.

2.Mengurangi paparan dan populasi nyamuk DBD
Gunakan tirai atau kelambu jika tidur. Gunakan pula lotion pencegah gigitan nyamuk dan kenakan pakaian yang lebih tertutup. Lakukanlah gerakan 3M Plus seperti yang dianjurkan Menteri Kesehatan, yaitu Menguras, Menutup, dan Memanfaatkan kembali barang-barang bekas atau daur ulang.

3.Taburkan bubuk larvasida ke tempat penampungan air dan tanamlah tanaman pengusir nyamuk.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health