Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PANDEMI virus corona atau Covid-19 semakin menyadarkan banyak orang soal pentingnya pola hidup bersih sehat. Termasuk di dalamnya adalah rajin mencuci tangan dan berhati-hati ketika melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk ketika berbelanja.

Nah! Untuk urusan berbelanja, ada ada baiknya menggunakan tas belanja milik sendiri. Selain untuk membantu menjaga lingkungan dari sampah plastik, juga untuk menjaga kebersihan diri sendiri.

Namun penting untuk diingat, bahwa tas belanja yang bisa digunakan berkali-kali juga perlu dijaga kebersihannya dengan rutin dicuci.

Jika tidak, tas belanja tersebut bisa menjadi sarang kuman dan penyakit.

Hal itu pernah diungkapkan oleh sebuah penelitian tahun 2010 yang dilakukan oleh American Chemistry Council, yang mewakili beberapa produsen kantong plastik. Penelitian itu menemukan bahwa di antara banyak tas belanja yang dapat digunakan kembali milik responden, ditemukan sejumlah bakteri termasuk coliform, kategori yang mencakup E. coli.

Penetian yang sama juga mengungapkan bahwa 97 persen dari 84 responden yang diwawancarai dalam penelitian itu mengaku bahwa mereka tidak pernah mencuci tas belanja mereka.

Kondisi tersebut, jika dibiarkan maka akan mengkontaminasi makanan yang Anda masukkan ke dalam tas belanja, seperti daging mentah, makanan laut, dan sayuran.

Karena itu, pastikan bahwa Anda rajin mencuci tas belanja yang dapat digunakan kembali. Berikut tips mudah mencuci tas belanja.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Deterjen
2. Tisu disinfektan atau semprotan
3. Kain pembersih atau handuk kertas

Cara Mencuci tas katun atau kanvas:

1. Tas belanja bahan katun dan kanvas dapat dicuci dengan mesin. Cukup periksa label perawatan untuk memastikan prosedurnya. Gunakan pengaturan air terpanas mungkin, Bersama dengan deterjen. Jika bisa, masukkan ke dalam pengering.

2. Catatan: ini mungkin sedikit menyusut untuk beberapa tas katun. Atau, keringkan kantong plastik di area dengan ventilasi yang baik untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut.

Cara mencuci tas nilon yang dapat digunakan kembali:

1. Cuci dengan tangan tas dengan air sabun yang hangat, pastikan sampai masuk ke sudut dan celah-celah. Anda juga bisa mencuci tas dengan mesin, tetapi pastikan untuk menggunakan siklus yang lembut.

2. Keringkan tas di area yang memiliki ventilasi memadai untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Cara mencuci kantong plastik daur ulang (kantong polypropylene):

1. Anda mungkin memiliki tumpukan tas yang sangat kokoh dari beberapa supermarket. Cuci dengan tangan menggunakan air sabun hangat, dan kemudian keringkan sepenuhnya sebelum disimpan. Anda juga bisa mengeringkannya dengan handuk bersih untuk mempercepat prosesnya.

2. Atau, bersihkan kantong dengan tisu desinfektan dan biarkan kering. Anda mungkin ingin membalikkan tas ke dalam untuk masuk ke sudut dan menghilangkan remah-remah atau kotoran.

Catatan saat menyimpan tas belanja yang dapat digunakan kembali:

1. Jangan menyimpan tas di bagasi mobil Anda. Tempat penyimpanan yang gelap dan lembab ini dapat mendorong pertumbuhan bakteri.

2. Tentukan satu tas khusus untuk membawa daging mentah. Ini akan membantu mencegah kontaminasi silang. Kemudian, cuci tas itu setelah setiap kali digunakan.

3. Jangan menyimpan tas yang lembab. Pastikan mereka benar-benar kering dulu.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health