Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DI TENGAH wabah virus corona atau Covid-19 yang saat ini tengah terjadi di Indonesia, salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan fisik, termasuk dengan menjaga makanan, olahraga serta rajin menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan.

Namun jangan lupa, selain kesehatan fisik, kesehatan jiwa atau mental juga sangat penting untuk dijaga, teritama di tengah kondisi krisis seperti saat ini.

Melalui sosial media, Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menjelaskan sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa di tengah wabah virus corona.

1. Pahami Bahwa Kekhawatiran Itu Normal

Merasakan cemas, sedih, stress, bingung, takut dan marah adalah perasaan yang normal sat menghadapi krisis. Untuk meredam kecemaan atau kekhawatiran berlebih, cobalah berbicara dengan orang-orang yang Anda percaya, seperti keluarga dan teman.

2. Jaga Asupan Makanan

Apabila harus tinggal di rumah, seperti imbauan pemerintah saat ini untuk mejaga jarak sosial dan melakukan karantina mandiri, jagalah pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur cukup dan olahraga teratur.

3. Jaga Komunikasi Melalui Teknologi

Meski harus melakukan karantina mandiri dan tidak keluar rumah selama beberapa waktu tertentu, jagalah hubungan dengan orang-orang yang dikasihi, seperti keluarga, kerabat, atau teman dengan menjaga komunikasi melalui telepon atau alat komunikasi lainnya.

4. Hindari Rokok, Alkohol Dan Narkoba

Jangan merokok, minum alkohol atau memakai narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman. Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman secara berlebih, segera berkonsultasi degan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater atau lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat.

5. Bijak Memilih Informasi

Dapatkan informasi yang akurat dari sumber terpercaya dan lakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan. Bijak dalam memilih informasi, karena membaca atau menerima berita dari rumber yang keliru bisa menambah kecemasan.

6. Batasi Informasi

Bila rasa cemas datang, Anda bisa mencoba mengurangi kecemasan tersebut dengan membatasi menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan soal wabah virus corona. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan juga baik baik kesehatan jiwa.

7. Atasi Emosi

Gunakan keterampilan mengatasi emosi membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman di tengah wabah virus corona saat ini untuk menjaga kesehatan jiwa.

8. Jangan Ragu Minta Pertolongan Profesional

Psikiater Indonesia siap memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial karena wabah Covid-19. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) bisa diakses melalui situs web, www.pdskji.or atau email pp_pdskji@yahoo.com.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health