post image
KOMENTAR

‘’GAMBARNYA gelap!’’ kata peserta webinar dari Jogja.

‘’Videonya hilang!’’ teriak peserta webinar dari Surabaya.

Buru-buru saya harus memberi penjelasan. Lewat chatting dari platform webinar itu. ‘’Mohon maaf, jaringan listrik museum mati. Kami akan segera live menggunakan smartphone.’’

Begitulah webinar Home Made Food Fiesta (HMFF) 2019 yang berlangsung di Museum Nasional, Sabtu pagi tadi. Jaringan listrik utama tiba-tiba terputus. Padahal webinar sedang hot-hotnya. Bu Fatmah Bahalwan tengah menyemplungkan empat butir onde-onde ke dalam penggorengan. Pantas saja para peserta langsung teriak-teriak.

Begitulah kalau webinar yang tidak dilakukan di studio. Ada saja masalahnya. Di Museum Nasional, problem utamanya adalah jaringan kabel listrik. Harap maklum, Museum Nasional yang dikenal sebagai Museum Gajah itu merupakan bangunan bersejarah. Usianya sudah lebih dari 200 tahun.

Sebagai bangunan cagar budaya, pengelola tidak boleh memasang listrik sesukanya. Harus menggunakan jalur yang sudah ada. Kabelnya ditarik dari lokasi yang jauh. Melintasi jalan utama pengunjung. Mungkin ada pengunjung yang kesrimpet. Kabel pun terlepas dari stop kontak. Siaran mati.

Segera saya hidupkan smarphone. Buka aplikasi. Lalu join webinar. Connect!

Dengan smartphone inilah saya melanjutkan siaran langsung, Melayani 28 peserta webinar dari luar Jakarta.

Webinar dengan tema memasak memang kurang tepat disiarkan dari keramaian. Akan lebih aman kalau dilakukan di dalam studio khusus: studio memasak.

Studio memasak itu sudah ada. Di rumah Bu Fatmah Bahalwan. Studio itu sudah digunakan sejak lama. Untuk kursus kuliner. Setiap harinya.

Tapi webinar kali ini sengaja diproduksi dari Musem Nasional. Karena Bu Fatmah sedang membuat demo masak di sana. Dalam acara HMFF.

Meski untuk siaran webinar kurang ideal, acara HMFF sendiri berlangsung meriah. Lebih dari 300 undangan hadir. Kebanyakan dari Pulau Jawa. Tapi ada juga yang jauh-jauh datang dari Singapura.

Tidak bisa dipungkiri. Bu Fatmah Bahalwan adalah magnetnya. Dialah bintang yang ditunggu-tunggu penggemarnya: di dalam negeri mau pun manca negara.

Alhamdulillah dengan smartphone, saya bisa menyelamatkan siaran langsung webinar paling menarik ini: cara membuat onde-onde. (F)

Penulis adalah praktisi media dan web seminar.

Ini Dia Laki-laki Idaman 2019

Sebelumnya

Tanyakan Ini Pada Pasangan: Mengapa Harus Selingkuh?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family World