Ilustrasi tidur tidak menggunakan bantal. (Unsplash)
Ilustrasi tidur tidak menggunakan bantal. (Unsplash)
KOMENTAR

TIDUR adalah kebutuhan penting bagi setiap manusia. Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangat penting karena tidur yang berkualitas berpengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental.

Hal ini terutama penting setelah menjalani aktivitas yang panjang dan melelahkan, karena tidur yang cukup membantu tubuh untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

Setiap individu memiliki preferensi tidur yang berbeda-beda. Beberapa orang merasa lebih nyaman tidur dengan posisi tertentu yang dianggap paling nyaman untuk mereka, yang dapat membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Ada juga yang memilih menggunakan banyak bantal saat tidur, sementara terdapat sebagian orang lebih suka tidur tanpa bantal. Tidak banyak orang tahu, tidur tanpa bantal dapat memberikan berbagai manfaat, terutama bagi mereka yang merasa nyaman tidur tanpa bantal.

Berikut ada beberapa manfaat tidur tanpa bantal dikutip dari Sleepcare.

Meningkatkan Postur Tubuh

Tanpa kita ketahui, ternyata tidur tanpa menggunakan bantal dapat secara signifikan meningkatkan postur tubuh.

Ketika tidak menggunakan bantal, tubuh akan menyentuh lebih dekat dengan alas tidur, yang membuat tulang belakang tetap sejajar dan mengurangi ketegangan pada leher serta bahu. Ini membantu menjaga postur tubuh tetap baik sepanjang tidur dan mengurangi risiko sakit punggung.

Mengurangi Sakit Leher dan Pinggang

Saat tidur tidak menggunakan bantal membantu mengurangi terjadinya risiko sakit leher serta pinggang. Sebab pengguna bantal yang terlalu empuk pada saat tidur membuat tegangnya otot yang bisa memicu rasa sakit serta menghambat aliran darah ke otak yang dapat menyebabkan pusing. Dengan tidak menggunakan bantal, posisi tulang belakang dapat lebih  rileks, membantu mencegah masalah otot tegang.

Tidur Jauh Lebih Nyenyak

Tidur dengan bantal yang tidak sesuai dapat menyebabkan ke tidak nyamanan, terutama saat tidur malam. Ini mempengaruhi kualitas tidur dan membuat tubuh tidak sepenuhnya beristirahat. Oleh karena itu, tidur tanpa bantal bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kenyamanan tidur.

Mengurangi Risiko Kerutan

Tidur tanpa bantal juga bisa membantu mengurangi risiko munculnya kerutan di wajah. Bantal sering kali menekan kulit wajah, terutama jika kita tidur miring atau tengkurap, yang bisa menyebabkan kerutan dini. Tidur telentang tanpa bantal mengurangi tekanan pada wajah, membantu menjaga kulit tetap halus dan bebas kerutan lebih lama.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan paling penting adalah bagaimana posisi tidur yang kamu pilih sesuai sehingga membuatmu nyaman.




Apa Itu Penyakit Kulit Rosacea?

Sebelumnya

Waspadai Dampak Negatif Sinar Matahari pada Kesehatan Bibir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health