Ilustrasi perempuan yang sakit perut. (Unsplash)
Ilustrasi perempuan yang sakit perut. (Unsplash)
KOMENTAR

PENYAKIT maag dapat menyerang siapa saja terutama bagi mereka yang memiliki pola makan tidak teratur atau mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu kenaikan asam lambung.

Penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman, mulai dari rasa sakit di perut hingga sensasi terbakar pada dada. Mengetahui makanan yang harus dihindari dan menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk mencegah maag kambuh dan menjaga kesehatan lambung kamu.

Untuk menghindari nyeri perut akibat kambuhnya asam lambung, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari:

1. Makanan Pedas

Seperti kita ketahui makanan pedas umumnya pemicu utama maag kambuh. Kandungan zat capsaicin pada cabai menimbulkan iritasi lambung. Ini dapat memperlambat kerja sistem pencernaan, menyebabkan makanan tertahan lebih lama di perut dan memicu kenaikan asam lambung. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas untuk menjaga kesehatan lambung.

2. Makanan Asam

Buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, dan tomat diketahui dapat merangsang produksi asam lambung. Meskipun belum terbukti secara pasti apakah jeruk secara spesifik meningkatkan asam lambung, disarankan untuk menghindari makanan atau buah yang memiliki tingkat keasaman tinggi.

3. Makanan Tinggi Garam

Tanpa disadari ternyata makan yang memiliki kadar garam yang tinggi memicu gejala maag kambuh dikarenakan lambung tidak kuat menerima kandungan garam yang tinggi dengan baik. Untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit maag, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi dalam takaran yang sesuai.

4. Cokelat

Makanan manis satu ini ternyata memiliki kadar lemak padat membuat lambung kesulitan untuk mencerna dengan baik, sehingga hal ini meningkatkan asam lambung naik.

5. Minuman Bersoda

Bagi kamu yang suka dengan minuman bersoda, sebaiknya berhati-hati. Minuman ini mengandung gas dan kadar gula tinggi yang dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan produksi asam lambung, yang pada akhirnya bisa memicu kambuhnya gejala maag.

 

Yuk, jaga kesehatan lambung dengan menghindari pemicu maag.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health