Ilustrasi orang menutup mulutnya/Unsplash
Ilustrasi orang menutup mulutnya/Unsplash
KOMENTAR

BAU mulut dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dan masalah kesehatan ini sangat mengganggu baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar, sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri.

Ada beberapa faktor dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Paling umum adalah masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, atau kondisi kesehatan tertentu seperti infeksi saluran pernapasan, juga mulut kering atau xerostomia. Sebab itu menjaga kebersihan mulut juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut.

Pada dasarnya, bau mulut dapat hilang secara bertahap sesuai dengan penyebabnya, berikut cara untuk mengatasi bau pada mulut  dikutip dari beberapa sumber

  • Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut salah satu kunci utama untuk mengatasi bau mulut. Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari serta jangan lupa untuk bersihkan bagian lidahterutama setelah makan dan juga jika kamu perlu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela pada gigi. Makanan yang menumpuk dapat menumbuhkan bakteri yang memicu bau mulut.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dan minuman yang sehat dapat membantu mengurangi bau mulut. Banyak minum air putih juga dapat membantu membersihkan mulut dari sisa makanan dan minuman penyebab bau mulut. Oleh karena itu disarankan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas perhari menjaga kelembapan mulut dan mencegah bau mulut.

  • Mengunyah permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol selama lima menit setelah makan dapat membantu mengurangi bau mulut dengan cara memproduksi air liur. Kandungan tersebut efektif untuk melawan bau mulut sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Memeriksakan diri ke dokter

Konsultasikan ke dokter jika bau mulut tidak kunjung membaik. Dokter dapat membantu menentukan penyebab bau mulut yang mungkin terkaitan dengan kesehatan tertentu dan dapat memberikan saran atau perawatan yang tepat untuk mengatasi bau mulut. Jadi jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health