Teh cengkeh kayu manis yang disebut bisa mengurangi bau mulut/Net
Teh cengkeh kayu manis yang disebut bisa mengurangi bau mulut/Net
KOMENTAR

BAU mulut bisa menyerang siapa saja. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, bau mulut atau halitosis juga menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Bau mulut biasanya terjadi pada orang yang gemar mengonsumsi bawang merah, bawang putih, makanan pedas, rempah-rempah, hingga minuman asam.

Namun tidak perlu khawatir, sejumlah bahan-bahan yang ada di dapur, seperti cengkeh, dapat mengatasi permasalahan ini.

1. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi jumlah bakteri di mulut dan risiko masalah gigi lainnya, seperti pendarahan dan kerusakan gigi. Cukup masukan beberapa butir cengkeh ke mulut dan mengunyahnya. Atau, rebus 10 butir cengkeh dengan segelas air sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan cengkeh tersebut sebagai obat kumur.

2. Air mineral dan garam

Mencampur air mineral hangat dengan garam untuk dikumur dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat berkembang biak di mulut, sehingga menghilangkan bau mulut. Caranya, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam ke dalam air hangat dan berkumurlah.

3. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis, keduanya sama-sama memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat berfungsi mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Caranya, gunakan madu dan kayu manis sebagai pasta gigi. Bisa juga gunakan rebusan bubuk kayu manis, daun salam dan biji kapulaga untuk menghilangkan bau mulut.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki aroma segar yang dapat mengusir bau mulut. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat mencegah bakteri berkembang biak. Selain itu, mampu merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai antiseptik dan pembersih mulut alami. Caranya, minum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat setiap pagi. Larutan ini dapat membantu mengatasi mulut kering dan mengusir bakteri di dalam mulut.

5. Baking soda

Tingkat pH dalam baking soda dapat menetralkan asam di mulut dan menghasilkan napas yang lebih segar. Caranya, masukkan dua sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat. Gunakan obat kumur ini setidaknya selama 30 detik.

Itulah lima bahan alami yang bisa kamu coba gunakan di rumah untuk mengatasi bau mulut. Selain lebih aman, bahan-bahan tersebut mudah kamu temukan di dapur rumahmu.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health